100 Peserta Ikuti Bimtek Pengeloaan Arsip dan Aset Sekda Acungi Jempol Kepala KPAD – Palopo Pos
Toraja

100 Peserta Ikuti Bimtek Pengeloaan Arsip dan Aset Sekda Acungi Jempol Kepala KPAD

RANTEPAO–Sekretaris Daerah (Sekda) Toraja Utara (Torut) Lewaran Rantela’bi, memuji Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Torut, Obednego Toding Padang, atas kreatifitasnya beserta stafnya. Itu dibuktikan dengan mengadakan bimbingan teknis pengelolaan arsip aset.
Bintek tersebut, kata Lewaran, sangat penting untuk dilaksanakan dan diakui Lewaran baru pertama kali dilakukan sejak Torut berdiri diusianya yang sudah hampir 8 tahun ini.
Pada kesempatan itu, Sekda mengacungi jempol Kepala KPAD Torut, Obednego Toding beserta stafnya yang telah bekerja serius sesuai tugas pokok dan fungsinya.
“Bintek pengelolaan arsif aset sangat penting, untuk itu bagi peserta bintek supaya dengan serius mengikuti jalannya bimbingan ini, karena sangat erat kaitannya dalam sistem pengelolaan arsif asset,” kata Lewaran di Bintek pengelolaan arsif Aset yang digelar di Hotel Hiltra Rantepao.
Ditegaskan Sekda, bahwa peserta bintek ini adalah bendahara dari SKPD, kecamatan dan sekolah maka akan dipertahankan pada posisi bendahara minimal lima tahun kedepan.
“Para bendahara yang ikut bintek ini, jangan ada yang pindah-pindah bagian lagi, tetaplah diposisinya bendahara agar pengeloaan arsif asset terkelola dengan epektif, transaparansi dan akuntabel, sebab ilmu yang didapatkan lewat kegiatan ini sangat penting dalam bidangnya,” tegas Lewaran.
Ditambahkannya, berangkat dari pengalaman yang sudah terjadi, yaitu Torut belum pernah mendapatkan hasil audit BPK dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) itu dikarenakan terbentur dalam masalah pengeloaan arsif aset.
Sehingga katanya, dengan bintek pengelolaan arsip asset ini, semua bendahara di masing-masing SKPD sudah dapat mehamami dengan benar tentang cara-cara pengarsipan asset yang epektif.
“Mudah-mudahan peserta bintek ini, usai mengikuti bintek sudah dapat memahami dengan benar dalam sistem pengeloaan arsip asset sehingga dalam tahun ini Toraja Utara sudah dapat penilaian dari BPK wajar tanpa pengecualian,” harap Lewaran.
Nararasumber dalam Bintek ini diantaranya, Kasubag Umum dan kepegawaian badan kearsipan provinsi Sulsel, dan juga dosen kearsipan Unhas, Isral Natsie, dengan judul materinya pengolahan arsip asset, Arsiparis madya badan kearsipan provinsi Sulsel, Syarifuddin Baso, judul materinya manajemen arsip dinamis, Israel Natsir dengan judul materi praktek pengelolaan arsip asset, kepala DPPKAD Torut, Firdaus Rinbata, judul materinya pengeloaan asset darah Kabupaten Toraja Utara.
Narasumber lainnya, kepala kantor kearsipan kabupaten Torut, Obednego Toding Padang, judul materinya kebijakan pembinaan kearsipan daerah, Kepala Bappeda Torut, Daniel Tandi, judul materinya kebijakan Bappeda dalam prigram pengembangan kearsipan di Kabupaten Torut, Kepala inspektorat Torut Yermia Marewa judul materinya akuntabilitas pengolahan asset daerah kabupaten Torut dan Asisten Ekbang Setda Torut, Yorry Lesawengan dengan judul materi tata naskah dinas.(uka/ded/d)

Most Popular

To Top