Hadapi Arus Mudik, Menhub: Baru 70 Persen Bus yang Laik – Palopo Pos
Ragam

Hadapi Arus Mudik, Menhub: Baru 70 Persen Bus yang Laik

JAKARTA — Menghadapi arus mudik lebaran yang tinggal beberapa hari lagi, Kementerian Perhubungan terus mengingatkan angkutan utamanya bus yang akan diguankan harus betul-betul laik jalan.

Dalam konferensi pers pemantauan Posko Angkutan Lebaran Kemhub 2016 di Jakarta, Jumat 24 Juni 2016. Jonan mengatakan saat ini baru sekitar 70 persen bus yang dianggap laik per 24 Juni 2016 sebagaimana tenggat waktu pemenuhan syarat kelaikan untuk operasi mudik Lebaran 2016.

“Bus laik jalan baru 70 persen dari pemeriksaan awal hanya 20 persen,” kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Jonan mengatakan lima aspek dasar yang harus dipenuhi oleh sarana angkutan darat, terutama BUS antarkota antarprovinsi (AKAP), di antaranya alat penunjuk kecepatan (speedometer) harus berfungsi, rem termausk rem tangan harus berfungsi, sabuk pengaman untuk pengemudi harus ada, kaca depan tidak boleh rusak dan ban tidak boleh gundul.

“Saya minta diperiksa untuk syarat-syarat itu, kalau tidak dipenuhi tidak usah berangkat, busnya membahayakan penumpang,” ucapnya, menegaskan.

Namun, Jonan menegaskan untuk terus memperbaiki apabila ada kerusakan-kerusakan yang ditemukan.

Jonan juga melarang bus antakota dalam provinsi (AKDP) dioperasikan untuk mudik jarak jauh layaknya bus AKAP, karena spesifikasi dan standar kelaikannya berbeda.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan dinas perhubungan, tidak boleh bus AKDP dijadikan bus AKAP, apapun itu, kalau gubernurnya protes suruh telepon saya. Kalau enggak boleh ya enggak boleh, ini spesifikasinya beda,” tegasnya.(idr/fmc)

Most Popular

To Top