PKL Jadi Biang Kemacetan di PNP – Palopo Pos
Metro

PKL Jadi Biang Kemacetan di PNP

PALOPO — Kesemrawutan parkir di sekitar kawasan Pusat Niaga Palopo (PNP) disorot warga. Banyak pengendara baik itu roda empat atau roda dua tidak memarkir kendaraan mereka dengan baik dan teratur. Selain itu, kehadiran Pedagang Kaki Lima (PKL) dituding menjadi penyebab kemacetan, utamanya di Jl Kh Ahmad Dahlan.

Saat ditanyakan soal parkir yang tidak teratur di sekitar PNP, Kadis Perhubungan Kota Palopo, Samil Ilyas menampik jika parkir di PNP semrawut. Menurut Samil, persoalan mengenai parkir yang ada di sekitar PNP telah tertangani dengan baik oleh petugas Dishub.

Menurutnya, yang menjadi persoalan sebenarnya yaitu adanya para PKL yang berjualan di kawasan PNP. Sehingga membuat arus lalu lintas terhambat dan otomatis mengambil lahan parkir yang ada disitu.

“Tadi (kemarin, Red) Saya telah melakukan kunjungan ke PNP dan melihat kondisi yang terjadi. Para pedagang kaki lima yang ada disana telah saya beri teguran secara lisan. Untuk tidak lagi berjualan didaerah ini karena mengganggu arus lalu lintas,” tegas Samil.

Teguran yang diberikan kepada para pedagang tersebut tentu untuk memberikan efek jera. Karena telah mengganggu ketertiban umum termasuk parkir yang telah diambil tempatnya oleh para pedagang. Jika dalam waktu yang diberikan para pedagang tidak segera pindah maka akan dilakukan tindak lanjut.

“Tujuan kami memberikan teguran kepada para pedagang tidak lain karena memang sudah mengganggu arus lalu lintas. Bayangkan pembeli yang ingin membeli di pinggir jalan semuanya tidak mematuhi aturan. Seperti tidak memarkir dulu sebelum membeli bahkan mereka hanya tinggal di motor kemudian menawar dan membeli,” jelasnya.

Dengan bekerjasama pihak Satpol-PP Kota Palopo yang memang notabenya sebagai petugas penertiban, sebutnya, jika teguran yang diberikan oleh Dishub Kota Palopo tidak diindahkan oleh para pedagang kaki lima, maka petugas Satpol-PP tentu harus turun ke lapangan melakukan penertiban.(cr2/rhm/d)

Most Popular

To Top