Waiting List CJH Luwu 3.700 Orang – Palopo Pos
Luwu

Waiting List CJH Luwu 3.700 Orang

BELOPA-Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Luwu memastikan, musim haji tahun 2016 ini tidak ada penambahan quota calon jamaah haji seperti yang diinformasikan sebelumnya. Kondisi ini pula membuat daftar tunggu haji untuk Kabupaten Luwu semakin lama untuk diberangkatkan.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Luwu, HM Rusdi Hasyim, kepada Palopo Pos mengatakan, berdasarkan rapat kordinasi yang dilaksanakan di Kanwil Kemenag Propinsi Sulawesi Selatan, telah diputuskan quota CJH untuk masing-masing daerah di Sulawesi Selatan masih seperti tahun lalu, dimana tidak akan ada penambahan jumlah CJH yang akan diberangkatkan.

“Untuk tahun 2016 ini, pemberangkatan CJH jumlahnya sama tahun 2015 lalu sebanyak 217 orang. Atau tetap mengalami pengurangan 20 persen dari jatah awal kabupaten Luwu Kebanyak 271 orang,” kata Rusdi Hasyim seraya mengatakan belum normalnya quota haji tahun 2016 ini, disebabkan proses perluasan kompleks Masjidil Haram yang belum rampung.

Tidak bertambahnya quota haji tahun ini secara otomotis menambah daftar panjang antrian (waiting list) CJH untuk Kabupaten Luwu. Berdasarkan data sistem komputerasi haji terpadu (Siskohat) Kemenag Luwu, jumlah daftar tunggu CJH kabupaten Luwu sudah mencapai angka 3.700 orang.

Itu artinya, jika quota haji per tahun hanya mampu memberangkatkan sebanyak 217 orang, itu artinya jika seorang umat muslim/muslimah di Kabupaten Luwu mendaftar haji tahun ini, ia akan diberangkatkan 17 tahun kemudian atau pada tahun 2033 mendatang.

“Kami menyarankan, jika sudah memiliki cukup kemampuan untuk berangkat haji, maka segeralah mendaftarkan diri di Bank yang ditunjuk, sebab daftar CJH Luwu akan terus bertambah. Dan jika tahun ini kita mendaftar haji reguler, itu artinya 17 tahun kemudian kita baru bisa di berangkatkan, tetapi kita tidak usah berpikir seperti itu. Hanya Allah SWT yang menentukan kita bisa memenuhi panggilan Allah,”tandasnya.(and/ara)

Most Popular

To Top