25 Anggota DPRD Terima THR dan Gaji 13 – Palopo Pos
Utama

25 Anggota DPRD Terima THR dan Gaji 13

PALOPO — Selain Pegawai Negeri Sipil, 25 anggota DPRD Kota Palopo sebagai manusia biasa boleh tersenyum. Sebelum lebaran, kantong wakil rakyat bakal lebih tebal. Mereka akan menerima THR dan gaji ke-13. Hal ini tertuang di PP Nomor 19 Tahun 2016 tentang regulasi gaji ke-13, serta PP 20 Tahun 2016 tentang regulasi THR 2016.

Hanya kepala DPKAD Kota Palopo lebih halus caranya menyebut istilah THR dan gaji 13 untuk wakil rakyat. Namanya bukan gaji 14 seperti PNS, tapi uang THR bagi anggota DPRD disebut uang representasi.Kata Hamzah Jalante, besaran gaji 13 khusus anggota DPRD maksimal setara dengan gaji PNS golongan IV/E dengan masa kerja 32 tahun.

Dimana dalam PP Nomor 30 disebutkan besaran gaji PNS golongan IV/E diatur sebesar Rp5,6 juta.
Berapa total anggaran THR dan gaji 13, Hamzah Jalante, belum bisa memprediksikan.

”Kami belum bisa memprediksikan. Tidak seperti PNS bisa kami prediksikan besarannya. Namun, nilainya pasti besar. Ratusan jutalah,” kata Hamzah Jalante.
”Pada intinya, DPPKAD siap membayar THR anggota DPRD Palopo sesuai juknis dari pusat, seperti pembayaran gaji 13 dan gaji 14 PNS,” tegas Hamzah.

Sedangkan komposisi gaji ke13 bagi DPRD, meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.
Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Kota Palopo, Harisal A Latief, menyebutkan bahwa pihaknya tidak pernah berjuang untuk mendapatkan THR dan gaji 13. ”Anggota dewan juga manusia biasa,” ujarnya singkat.

Untuk THR, kata dia, diatur di PP Nomor 20 untuk THR, dan PP 19 untuk gaji 13. ”Karena ini perintah undang-undang, maka harus kita jalankan,” tandas Harisal, kepada Palopo Pos. Skema perhitungannya sama semua dengan anggota DPRD. ”Kalau gaji pokok anggota DPRD hany Rp2 juta. Mungkin yang besar karena ada tunjangannya,” ucap dia.(rhm/ary)

Most Popular

To Top