Air Terjun Talondo Tallu Bercabang Tiga – Palopo Pos
Toraja

Air Terjun Talondo Tallu Bercabang Tiga

*Rospita Biringkanae Terpesona

MAKALE–Obyek Wisata (OW) Air terjun Talondo Tallu yang terletak di Dusun Sanik, Lembang Balepe’ Kecamatan Malimbong Balepe, berjarak 30 kilo meter dari Kota Makale, ternyata punya keunikan sendiri yakni air terjunnya yang bercabang tiga.

Air terjun Talondo Tallu, mempunyai penjaga seorang ibu paruh bayah Bungan, ne’sewa atau yang akrab di panggil Indo’ Talondo mempunyai rambut terpanjang di Toraja sekitar 7 meter.

Menurut masyarakat kampung Sanik bahwa rambut Indo’ Talondo sejak berumu 10 tahun hinggah berumur 65 saat ini, tetap dipelihara, karena gunting biasa tidak mempan untuk memotongnya.

Indo'(ibu, red) yang setiap saat melakukan ritual adat di lokasi objek Talondo Tallu, untuk menjaga keselamatan bagi para pengunjung, sebab konon katanya ada penjaga lain, selain Indo Talondo.

“Dan bagi para pengunjung air terjun Talondo Tallu, tidak di perkenankan untuk memakai baju warna hitam saat di lokasi,” ujar Kepala Lembang Balepe, Kala’.

BACA JUGA:  Kemenhub Dituding Tak Serius Dukung Pengembangan Pariwisata Toraja

Ketua TP-PKK Rospita N Biringkanae dan rombongan, beserta Camat Malimbong Balepe’ Anthon Lintin sabtu,18 maret 2017 untuk impertasir lokasi,dan saat tiba di lokasi OW nampak takjub dan gembira, soalnya kendaraan yang di tumpangi tidak sampai ke lokasi ,dan juga masih menempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 500 meter, dan jalan tersebut masih jalan setapak untuk tiba di lokasi obyek wisata (OW) talondo tallu.

Rospita Yang juga Kabid Pemasaran dan Promosi di Dinas Pariwisata Tana Toraja ,sangat menikmati suasana di lokasi obyek wisata air terjun talondo tallu ini, dan katakan “sangat terpesona dengan air terjun talondo tallu ,meski capek berjalan kaki hingga ke lokasi , namun terbayarkan dengan keindahan pesona air terjun talondo tallu ,ciptaan tuhan yang maha sempurna,” ujarnya.

Terpisah Kepala Lembang Balepe’ ,Kala’ Lembang katakan “harapannya supaya Obyek Wisata (OW) Talondo Tallu ini secepatnya di dibenahi sarana dan prasarana yang mendukung ,baik itu infrastruktur jalan , gasebo dan pondok untuk indo’ talondo menginap sewaktu-waktu, serta Trimakasinya atas kunjungan Kabid Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata Ibu Rospita N Biringkanae ke lokasi OW agar secepatnya mendapat perhatian dari pemerintah,” pungkasnya.(mg5/ded)

BACA JUGA:  Gatari Airline Dituding "Pembohong"

Click to comment

Most Popular

To Top