Soal Kesehatan, Peran Masyarakat Masih Rendah – Palopo Pos
Luwu Utara

Soal Kesehatan, Peran Masyarakat Masih Rendah

MASAMBA — Pembangunan Kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemammpuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat masyarakat setinggi-tingginya, namun jika peran serta masyarakat rendah dalam memperhatikan kesehatan, maka tentunya berpengaruh pada kesehatan masyarakat itu sendiri.

“Dari data yang ada, peran serta masyarakat masih rendah, yang berarti masih terdapat 29,73 persen balita yang berpotensi menderita gizi kurang karena tidak terpantau pertumbuhannya di tahun 2016,” kata Kadis Kesehatan, dr Andi Nasrum pada sosialisasi program keluarga sehat dan gerakan masyarakat hidup sehat di Hotel Bukit Indah, baru-baru ini.

Olehnya itu, promosi dan preventif, merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit menular maupun tidak menular, dimana pencegahan penyakit tergantung perilaku individu, yang didukung kualitas lingkungan.

Namun hal ini memerlukan suatu gerakan yang sistimatis dan terus menerus untuk mendorong masyarakat berprilaku hidup sehat. Untuk itu, gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik. (jun/him)

BACA JUGA:  Wah, Ternyata 55 Persen Warga Lutra Konsumsi Air Tak Sehat

Most Popular

To Top