Jaga Stabilitas Harga dan Promosi Dagang – Palopo Pos
Metro

Jaga Stabilitas Harga dan Promosi Dagang

*Fungsi Dinas Perdagangan Termasuk Berat

KALAU Dinas Persandian dan Statistik fungsinya menjaga keamanan informasi Pemkot, beda dengan Dinas Perdagangan Kota Palopo. Mau tahu apa fungsi Dinas Perdagangan, berikut liputannya.

Laporan: Arwin

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baru ini, (Dinas Perdagangan), ternyata memiliki peran yang takkala pentingnya dengan instansi lainnya yang bernaung di payung Pemkot Palopo.

Ternyata, fungsi dari instansi yang dinahkodai, Amaluddin SE ini, menjaga stabilitas perdagangan di kota bertajuk tujuh dimensi.
Adapun tugas pokok dan fungsi dari Dinas Perdagangan, yakni membantu Walikota dalam melaksanakan urusan pemerintahan di bidang perdagangan dan pembantuan lainnya.

Ketika terjadi lonjatan harga di pasar, misalnya, Sembako, Amaluddin harus mampu mencarikan solusi setidaknya meminimalisir agar harga tersebut bisa kembali normal.
Selain itu, Dinas Perdagangan juga memiliki peran mengawasi barang yang beredar di Kota Palopo, pengawasan barang subsidi, pengawasan alat UTTP.

pengukuran barang timbangan, dan harus mampu melakukan promosi dagang. Melakukan distribusi barang dalam setiap pembelian harga pokok di pasar modern maupun tradisional. Menggelar pasar lelang (pasar murah) untuk menyambut bulan suci ramadhan. Juga ada promosi hasil produksi hasil rumah tangga yang di Kota Palopo. Dan produksi dari Zaro znack salah satu produk hasil Kota Palopo.

BACA JUGA:  Dana ADB Mengucur 1 Juta USD

Pasar lelang atau pasar murah, biasanya digelar setiap bulan ramadhan. Tujuannya untuk membantu masyarakat menengah kebawah, dalam menjaga stabilitas harga. “Dengan memberlakukan harga lebih rendah dibanding harga pasaran,” kata Amaluddin, kepada penulis, di kantornya, Kamis, 20 April 2017.

Menyinggung soal pasar murah, tahun ini, akan digelar pada Minggu pertama Bulan Juni, bertempat pada “rumah pangan” yang ada disetiap kecamatan. Rumah pangan merupakan salah satu program Walikota Palopo.

Menurutnya di Kota Palopo ini salah satu produk komoditi andalan di bidang perdagangan yaitu rumput laut, ikan, udang dan komunitas lainnya. Komunitas ini merupakan pendongkrak nilai dagang dan ekspor di Kota Palopo. Dan tentu untuk menjaga peningkatan ekspor, pihaknya terus melakukan penggemblengan.

Untuk diketahui pada tiga bulan pertama ditahun 2017 ini, program kerja yang sudah terealisasi sudah mencapai 25,21%, mencapai posisi paling tertinggi dari dinas-dinas lain di Kota Palopo.(mg1/ded)

Click to comment

Most Popular

To Top