PAN Luwu Siap Rekomendir BKM – Palopo Pos
Luwu

PAN Luwu Siap Rekomendir BKM

* Awal Makkajareng: Soal Paket, Tunggu Kejutan yang Indah

BELOPA— Isyarat koalisi PAN dengan Golkar maupun PAN dengan Nasdem disambut positif Ketua DPD PAN Luwu, Yani Mulake. Menurutnya, koalisi pada Pilkada Luwu 2018 merupakan hal mutlak karena tidak ada satu pun parpol yang bisa mandiri. Semua parpol harus koalisi, termasuk Golkar sebagai pemenang pemilu di Luwu.

PAN sendiri kata Yani, sudah siap memberikan rekomendasi kepada mantan Sekretaris PAN Sulsel, Buhari Kahar Mudzakkar. Tapi itu sebatas rekomendasi usulan kepada DPW Sulsel. ”Kami di DPD hanya sebatas mengusul. Mengenai siapa yang diusung, itu kewenangan penuh DPW Sulsel. Kalau DPW terima usulan kita, syukur. Kalau tidak, kami harus tunduk kepada kebijakan partai,” terang Yani yang dimintai tanggapannya, Kamis, 20 April 2017 kemarin.

Saat ini, PAN intens menjalin komunikasi dengan pimpinan parpol di Luwu seperti Golkar, Gerindra, Nasdem, PKS, dan Demokrat. ”Semuanya memberi sinyal untuk koalisi. Namun semua itu terpulang ke pimpinan partai di tingkat provinsi muupun pusat,” terang anggota DPRD Luwu dua periode ini.

BACA JUGA:  Siswa Beradu Wawasan Kebangsaan

Disinggung mengenai paket ideal bagi BKM. Yani langsung menjawab secara realitas bahwa harus memperhatikan geopolitik Selatan-Walmas. Di Walmas, katanya, ada dua tokoh yang masuk dalam teropong BKM yakni Syukur Bijak (SBj) dan Amru Saher yang saat ini menjabat Wakil Bupati Luwu.

Kalau dengan SBj, maka PAN akan koalisi dengan Nasdem plus Demokrat. Kalau dengan Amru Saher, maka PAN akan koalisi dengan PKS plus PBB.
”Yang menarik, kalau Nasdem mendaulat SBj maju 01 maka bisa jadi paket BKM Selatan-selatan. Di sini peluang PAN koalisi Golkar. Dan tidak menutup kemungkinan BKM paket Patahuddin, atau sekalian Basmin-Buhari jilid II,” terang legislator PAN asal Dapil 1 Luwu ini.

Terpisah, Juru Bicara Tim Sahabat BKM, Awal Makkajareng yang dimintai tanggapannya, menegaskan, hingga saat ini belum ada satu nama yang paten akan menjadi paket BKM. Semua kandidat memiliki peluang yang sama untuk berpaket BKM. Tinggal melihat survei figur tersebut serta parpol yang bisa diajak berkoalisi. ”Terkait calon pendamping BKM, kita tunggu saja kejutan-kejutan indah itu,” tandas mantan Ketua IPMIL Luwu ini. (ikh)

BACA JUGA:  Markus Nari Serap Aspirasi Masyarakat

Most Popular

To Top