Tidak Punya SIM Bayar Rp1 Juta – Palopo Pos
Kriminal

Tidak Punya SIM Bayar Rp1 Juta

*Ops Patuh Berlakukan Denda Maksimal e-Tilang

PALOPO — Sejak operasi patuh 2017 berlangsung sudah ratusan kendaraan bermotor (Ranmor) yang kedapatan melanggar ditilang di tempat dengan denda maksimal hingga jutaan rupiah, tergantung bobot pelanggaran. Ops patuh ini dilaksanakan selama 14 hari dan berakhir Selasa 23 Mei mendatang.

Selama operasi, pengendara yang melanggar ditawarkan dua pilihan bisa tetap melalui sidang ataukah melalui tilang eletronik (e-tilang) dengan membayar denda maksimal. Satlantas Polres Palopo telah mengeluarkan 300 lebih surat tilang dengan beragam pelanggaran, mulai tidak pakai helm hingga pengendara tidak mampu memperlihatkan bukti dokumen seperti SIM dan STNK kepada petugas kepolisian.

Di Jl DR Ratulangi, Kota Palopo, siang kemarin, banyak pengendara dan pengemudi kena tilang karena melanggar. Denda tilang maksimalnya Rp1 juta bahkan lebih. “Tilang eletronik sudah kami berlakukan, maksimalnya dari Rp250 ribu (tidak pakai helm) hingga Rp1 juta (tidak punya SIM),” tegas Kasat Lantas Polres Palopo, AKP Sri Toto, disela-sela operasi.

BACA JUGA:  Kapolres Pimpin Sweeping Sajam di Mancani

Lanjut Kasat, dalam penerapan elektronik tilang pelanggar langsung membayar denda maksimalnya di bank yang telah ditentukan, seperti BRI.

“Misalnya, ketika Anda ditilang elektronik dengan denda maksimal Rp1 juta dibayar di bank. Namun jika diputus Rp200 ribu
berarti uang Anda yang tersisa Rp800 ribu akan balik ke rekening Anda,” papar Sri Toto.

Tentunya penerapan tilang elektronik ini sangat baik karena dapat menghidari adanya oknum petugas yang mengambil keuntungan melakukan pungutan liar. Operasi ini dibantu fungsi dalam kepolisian, termasuk Propam, bahkan anggota Polisi Militer (POM) dilibatkan.

Olehnya itu, Kasat Lantas, mengingatkan kepada para pemilik kendaraan agar melengkapi persuratannya dan jangan berani melanggar aturan. Sebab kali ini, sanksi yang diterapkan sangat berat, terutama dendanya bisa mencapai Rp1 jutaan. (him)

Click to comment

Most Popular

To Top