Hore, DPRD Ikut Terima THR dan Gaji 13 – Palopo Pos
Utama

Hore, DPRD Ikut Terima THR dan Gaji 13

* Daerah di Luwu Menunggu PP

PALOPO — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Luwu Raya boleh tersenyum. Wakil rakyat akan membawa pulang penghasilan tambahan ke rumah. Karena, mereka ikut kebagian dua bonus tersebut. Hore…DPRD terima THR dan gaji ke-13.

Pemberian THR dan gaji ke-13 rencananya tahun ini. Kalau THR seminggu sebelum lebaran. Bersamaan dengan ASN. Begitu juga dengan gaji ke-13. Mereka terima di awal Juli 2017.

Semua daerah di Luwu Raya telah menganggarkan di APBD TA 2017. Tinggal menunggu Presiden Jokowi meneken Peraturan Pemeriuntah (PP). Kemudian juknis dari kementerian keuangan terkait.

Di DPRD Palopo, ada 25 orang anggota DPRD. Semuanya ikut kebagian THR dan gaji ke-13.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palopo, Hamzah Jalante, lebih halus caranya menyebut istilah THR dan gaji 13 untuk wakil rakyat.

Namanya bukan gaji 14 seperti PNS, tapi uang THR bagi anggota DPRD disebut uang representasi.
Kata Hamzah Jalante, besaran gaji 13 khusus anggota DPRD maksimal setara dengan gaji PNS golongan IV/E dengan masa kerja 32 tahun.

BACA JUGA:  Mengarah ke Orang Dekat

Dimana dalam PP Nomor 30 disebutkan besaran gaji PNS golongan IV/E diatur sebesar Rp5,6 juta. Berapa total anggaran THR dan gaji 13, Hamzah Jalante, belum bisa memprediksikan.

”Kami belum bisa memprediksikan. Tidak seperti PNS bisa kami prediksikan besarannya. Namun, nilainya pasti besar. Ratusan jutalah,” kata Hamzah Jalante.

”Pada intinya, BPKAD siap membayar THR anggota DPRD Palopo sesuai juknis dari pusat, seperti pembayaran gaji 13 dan gaji 14 PNS,” tegas Hamzah.

Sedangkan komposisi gaji ke-13 bagi DPRD, meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.
Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Kota Palopo, Harisal A Latief, menyebutkan bahwa pihaknya tidak pernah berjuang untuk mendapatkan THR dan gaji 13.

”Anggota dewan juga manusia biasa,” ujarnya singkat.
Untuk THR, kata dia, diatur di PP Nomor 20 untuk THR, dan PP 19 untuk gaji 13. ”Karena ini perintah undang-undang, maka harus kita jalankan,” tandas Harisal, kepada Palopo Pos.

BACA JUGA:  Ini Akibatnya Kalau Mainkan Ponsel Sambil Ngecas, Remaja Kesetrum Pingsan Deh

Skema perhitungannya sama semua dengan anggota DPRD. ”Kalau gaji pokok anggota DPRD hanya Rp2 juta. Mungkin yang besar karena ada tunjangannya,” ucap dia.

Begitu juga di Luwu Timur. Selain ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menerima THR dan gaji 13, 30 anggota DPRD Luwu Timur kebagian dua bonus tersebut. THR dan GAJI KE-13. Tahun ini, Pemkab Lutim menyiapkan anggaran sekitar Rp195 juta.

Perinciannya, total anggaran THR (gaji ke-14) sebesar Rp55.182.750. Sedangkan gaji ke-13 sebesar Rp140.641.148.

”Gaji tambahan tersebut terhadap 30 anggota legislator akan diberikan setelah ada juknis. Pemberian gaji 13 dan 14 legislator juga sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2016 dan Nomor 20 Tahun 2016,” ujar Muhammad Said, kabid pendapatan BPKD Luwu Timur, kepada Palopo Pos, Kamis 18 Mei 2017, kemarin.

Kata dia, ini juga sudah diatur dalam UU. Gaji tambahan tersebut secara terpisah akan dibayarkan dengan gaji bulanan para anggota dewan dan tinggal menunggu petunjuk teknis (juknis) dari kemnterian keuangan.

BACA JUGA:  Rapatkan Barisan, Perang Terhadap Narkoba

Menurutnya, gaji tambahan tersebut akan diberikan setelah ada juknis. ”Ini juga sudah diatur dalam UU. Selama ini legislator tidak pernah memeroleh gaji tambahan berupa gaji 13 dan 14.

”Merujuk peraturan pemerintah baru tahun 2016, dan tahun ini mereka menerimanya,” tambahnya.

THR dan gaji ke-13 bakal dirasakan 35 anggota DPRD Luwu Utara.

Hal ini disampaikan Azhar Muktadir, kasi otorisasi bidang anggaran Dinas Keuangan Kabupaten Luwu Utara, Kamis 18 Mei 2017, kemarin.

Menurut Azhar, selain PNS, anggota DPRD juga menerima THR dan gaji 13. ”Untuk THR, itu tidak sama dengan gaji 13. Karena tidak termasuk tunjangan beras,” paparnya.

Untuk gaji 13, 35 anggota DPRD dianggarkan sebesar Rp144 juta. Untuk THR dianggarkan sebesar Rp55.860.000. (jun-krm-rhm/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top