Jelang Ramadan, Ini instruksi Kapolres – Palopo Pos
Luwu

Jelang Ramadan, Ini instruksi Kapolres

BELOPA — Kurang dari sepuluh hari, umat muslim akan menghadapi bulan suci Ramadan. Kapolres Luwu, AKBP Ahmad Yanuari Insan menyampaikan sejumlah hal kepada masyarakat Kabupaten Luwu berupa wejangan menghadapi momentum suci itu.

“Jaga kerukunan antar umat beragama, kita tidak ingin bulan yang suci ini tercederai dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Saya harap yang nonmuslim menghargai, umat muslim yang berpuasa. Demikian juga dengan yang muslim harus bisa menahan diri,” ujar AKBP Ahmad Yanuar Insan kepada Palopo Pos, Kamis 18 Mei 2017.

Selain soal kerukunan antar umat beragam, Kapolres juga mewanti-wanti, soal petasan di bulan Ramadan. Dirinya menegaskan akan merazia jika ada petasan yang beredar di Kabupaten Luwu.

Ia juga menyatakan agar masyarakat bisa bekerjasama dengan tidak menjajakan petasan apalagi membunyikan petasan ketika masyarakat sedang melaksanakan ibadah.

“Tidak boleh ada petasan. Dijual saja tidak dibenarkan apalagi dibunyikan. Kasihan kalau misalnya masyarakat kita sedang asyik beribadah tetapi harus terganggu dengan bunyi petasan.

BACA JUGA:  Raja Singapura Puji Budaya Luwu

Ataukah misalnya disamping rumah ada keluarga yang sakit. Kepada orang tua mohon kerjasamanya, jangan biarkan anak-anak kita membeli petasan,” katanya.

Selain menyinggung soal petasan, Kapolres Juga melarang sabung ayam dan perjudian di kabupaten Luwu. Menurutnya selama berada di Kabupaten Luwu pihaknya akan mengambil tindakan tegas bagi pelaku judi di Kabupaten Luwu.

“Diluar bulan Ramadan saja tidak dibenarkan, apalagi saat bulan puasa. Saya akan ambil sikap tegas jika ada pelaku judi, termasuk sabung ayam,” ujarnya.

Perwira dengan pangkat dua melati dipundak itu, juga mengaku akan menutup tempat hiburan malam selama pelaksanaan ramadhan. Hal ini dilakukan, dalam rangka menjaga kesucian bulan ramadhan di Kabupaten Luwu.

“Kita juga tidak mau ada minuman keras selama ramadhan, hal ini sudah kami wanti-wanti kepada kapolsek agar memantau wilayah masing-masing. Selain itu, THM juga sudah disampaikan tidak beroperasi selama Ramadan,” tegasnya.(fan/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top