Paket JUARA Mewacana di PKS – Palopo Pos
Politik

Paket JUARA Mewacana di PKS

* NasDem Usung Judas Amir 01, PKS Jagokan RMB sebagai 02

PALOPO— Setelah deklarasi NasDem mengusung HM Judas Amir sebagai calon Walikota, mencuat wacana paket JUARA di internal PKS Palopo.

Apalagi, Rusdi Masse (RMS) sebagai Ketua DPW NasDem telah menyatakan akan koalisi dengan PKS.

”Paket JUARA merupakan singkatan Judas Amir – Rahmat Masri Bandaso. Di internal kami di PKS, sangat menginginkan paket ini,” ujar salah seorang kader PKS Palopo yang enggan dikorankan namanya kepada Palopo Pos, Kamis, 18 Mei 2017.

Menurut pentolan PKS ini, pada Pemilihan Raya (PEMILRA) “Mencari Kandidat Walikota Palopo” yang dilaksanakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hari Minggu lalu, RMB merupakan kandidat tertinggi dukungannya. Disusul Judas Amir pada urutan kedua.

Namun melihat realitas politik kekinian menjelang Pilwalkot Palopo, tidak mungkinlah Judas jadi 02.

Sehingga paket yang ideal adalah Judas 01 berpasangan dengan RMB sebagai calon 02. Jika NasDem koalisi dengan PKS, maka NasDem diusung oleh Judas, sedang RMB diusung PKS.

BACA JUGA:  Palopo Terendah Anggaran Pilkada 2018

Jika digabungkan, maka usungan NasDem tetap 01, dan usungan PKS 02. Jadilah paket JUARA. Hal itu diperkuat dengan hasil sejumlah survei yang menempatkan RMB bakal calon Wakil Walikota tertinggi surveinya. Sedang untuk survei 01, Judas tertinggi elektabilitasnya.

Ketua DPD PKS Palopo, Ibrahim Halim saat dikonfirmasi, hingga saat ini belum ada terkait dengan koalisi NasDem – PKS di Pilwalkot.

Walau jalan menuju koalisi tersebut sudah pernah dirintis. Yang pasti katanya, pihaknya di DPD PKS Palopo tetap memproses hasil Pemilra lalu, sesuai dengan mekanisme yang berlaku di internal PKS.

Pada Pemilra PKS pada Ahad lalu, tiga besar balon Walikota dari internal PKS yang terjaring yakni Ibrahim Halim (Ketua PKS Palopo), A Qayyim Munarka (pendiri PKS/mantan Ketua PKS Palopo), dan Hj Megawati (anggota DPRD Palopo dari PKS).

Sedang lima besar balon eksternal yakni Rahmat Masri Bandaso alias RMB (mantan Wakil Walikota Palopo), HM Judas Amir (Walikota Palopo), Haidir Basir (pensiunan PNS Pemkot Palopo), Akhmad Syarifuddin (Wakil Walikota Palopo), dan Budi Sada (pensiunan PNS Pemkot Palopo).

BACA JUGA:  Kantongi Dukungan PAN BKM Segera Lobi Partai untuk Koalisi

Mereka terjaring melalui pemilihan yang diikuti 300 lebih kader PKS se Palopo, mulai pengurus tingkat DPD, PKS kecamatan, hingga PKS kelurahan. Sistem pemilihan menggunakan kombinasi tertutup-terbuka. (ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top