Buruh Tuntut PT DSS Transparan Rekrut Tenaga Kerja – Palopo Pos
Luwu Timur

Buruh Tuntut PT DSS Transparan Rekrut Tenaga Kerja

MALILI — Puluhan buruh yang mengatasnamakan Federasi Pertambangan dan Energi – Konferedasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (FPE – KSBSI) Kabupaten Luwu Timur melakukan unjuk rasa di Harapan Mining Sorowako seputaran aktifitas tambang PT. Vale Indonesia, Jumat 2 Mei kemarin.

Buruh menuntut agar perusahaan pemenang tender yakni PT. Dwiqa Shara Solusi (DSS) transparan dalam perekrutan tenaga kerja sekaligus memperkerjakan buruh sebelumnya sebanyak 24 orang yang telah tertuang dalam perjanjian kontrak waktu tidak tetap (PKWTT).

Karena tidak mendapat respon oleh pihak perusahaan, aksi di lanjutkan di halaman kantor Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Perindustrian Luwu Timur dengan tuntutan yang sama.

Tidak berlangsung lama puluhan buruh di persilahkan untuk berunding di dalam ruangan kerja Kadisnakertransin yang di pimpin langsung Firnandus Ali selaku Kadisnakertransin Lutim.

Usai berunding Firmandus Ali mengatakan, persoalan ini kami akan komunikasikan kedua belah pihak antara buruh dan pihak pemenang tender yakni PT. DSS,
“Insya Allah hari Senin mendatang kita akan pertemukan, mudah-mudahan ada solusi,” ungkapnya.

BACA JUGA:  DWP Berperan Penting Cegah Peredaran Narkoba

Sementara Muhammad Iksan Korlap Aksi mengatakan, kami menuntut pihak pemenang tender yakni PT. DSS untuk melakukan perikruitan tenaga kerja secara transparan dan memperdayakan tenaga kerja sebelumnya sebanyak 24 orang, namun faktanya dari 24 orang tersebut hanya 2 orang yang di pekerjakan. Lanjutnya, sementara ke 24 buruh tersebut sudah tertuang dalam PKWTT.

Tidak dipemberdayakan buruh sebelumnya kata Iksan, pihak PT. DSS beralasan hal tersebut adalah hak perusahaan siapa yang akan di pakai,
“Wah’ ini tidak bisa dong, seharus memperkerjakan karyawan sebelumnya sesuai aturan yang berlaku, sementara perikruitan tenaga kerja di lakukan secara tidak transparan, masa pengumuman kelulusan di lakukan melalui via SMS, jadi yang tidak di SMS di nyatakan gugur seleksi,” tandasnya.

Kami tunggu hasil pertemuan hari senin nantinya antara PT. Vale, Pemerintah Buruh dan pihak PT. DSS, kalau pertemuan tersebut tidak sesuai dengan harapan maka kami akan kembali turun kejalan, (mg10/him)

BACA JUGA:  Penetapan Tersangka Dugaan Korupsi TIK Tunggu Audit BPKP

Click to comment

Most Popular

To Top