Pendidikan Karakter Dimulai dari Rumah Tangga – Palopo Pos
FEMALE

Pendidikan Karakter Dimulai dari Rumah Tangga

* Dra Baderia, M.Ag, Ketua Dharma IAIN Palopo

Di tengah kesibukannya sebagai dosen dan ketua dharma wanita IAIN Palopo, female kita minggu ini tetap ada waktu melayani keluarga. Khsusunya saat menyiapkan buka puasa dan sahur bersama dengan suami dan si buah hatinya.

Ia tetap hadir bersama dengan keluarga. Dia adalah Dra Baderia, M.Ag, isteri dari Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, M.Ag.

”Kerjaan lancar. Tapi, menyiapkan buka puasa untuk Pak Rektor dan anak-anak, hal yang utama pula. Kalau dibilang lelah, ya agak melelahkan. Ini tantangan dan ujian di bulan Ramadan,” ucap perempuan kelahiran Dusun Tole-tole, Desa Kawata, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, kepada Palopo Pos, Jumat 2 Juni 2017, kemarin.

Kata dia, tinggal bagaimana mengatur waktu. Di sinilah dibutuhkan pola manajemen yang baik. ”Kita tinggal pintar-pintar mengaturnya. Jika jadwal mengajar tidak begitu padat, biasanya terjun ke dapur siapkan pappabuka, biasanya dibantu sama adik-adik mahasiswa yang tinggal di rumah.

BACA JUGA:  Suami dan Anak adalah Amanah

Jika tidak sempat, kita beli pappabuka yang disediakan oleh saudara-saudara kita di pusat jajanan seperti Lagota dan lainnya,” ujar ibu empat anak buah perkawinan dengan rektor IAIN Palopo.

Ia juga bicara soal pendidikan karakter. Kata dia,
pendidikan karakter dimulai dari rumah tangga. ”Untuk menjadi pribadi yang jujur, peduli, amanah, tanggungjawab, serta mandiri itu dari keluarga,” kata ketua dharma wanita IAIN Palopo.

Keluarga, utamanya orangtua memiliki peran penting menanamkan pendidikan karakter kepada sang anak. Sehingga, nantinya menjadi pribadi yang kuat, teladan dan pemimpin yang amanah.

Ketika menerima kunjungan wartawan Palopo Pos, di kediamannnya Jalan Agatis, Balandai, Palopo, ia baru saja mengikuti upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila, Kamis 1 Juni 2017.

“Di masyarakat, anak mengaplikasikannya. Tentunya akan terlihat apakah sebagai pribadi yang baik ataukah pribadi yang buruk,” sebutnya.

Di IAIN, sehari-harinya sebagai dosen mata kuliah Pendidikan Islam. Pulang ke rumah, ia akan menghabiskan waktu bersama keluarganya.

BACA JUGA:  Besarkan Anak Seorang Diri

“Biasanya kita kumpul-kumpul di hari libur, pokoknya semua ada porsinya, pekerjaan, sekolah dan juga keluarga, tapi yang pasti keluarga adalah yang utama,” ungkapnya. (ich/ary/t)

BIODATA

Nama : Dra Baderia, M.Ag
Ttl : Tole-tole, Luwu Timur, 1 Maret 1970
Pendidikan : -SDN 218 Tole2 tahun 1983
-Pesantren Dato Sulaiman (SMP) tahun 1986
-Pesantren Dato Sulaiman (SMA) tahun 1989
-S1 Fakultas Ushuluddin IAIN Alauddin Makassar Cabang Palopo tahun 1994
-S2 Sejarah dan Pendidikan Islam IAIN Alauddin Makassar 2001
-Program Doktoral UIN Alauddin Makassar
Pekerjaan : PNS Dosen IAIN Palopo
Suami : Dr Abdul Pirol, M.Ag
Anak : -Ahmad Hidayat Abdullah (Mahasiswa)
-Dhiya Azani Abdullah (Mahasiswi)
-Cita Qonita Abdullah (SMA) -Khofifah Farazadi Abdullah (SMP)

Most Popular

To Top