dr Nurmaeni, Sp.KK.,M.Kes, Tetap Cantik di Bulan Ramadan – Palopo Pos
FEMALE

dr Nurmaeni, Sp.KK.,M.Kes, Tetap Cantik di Bulan Ramadan

Di bulan Ramadan terjadi perubahan rutinitas secara tiba-tiba dan hal itu akan berpengaruh pada kulit. Female kita minggu ini tahu caranya menjaga kulit tetap bersinar.

Nah, untuk menjaga kulit tetap bersinar saat sedang berpuasa, ini ada tips dari dokter cantik dr Nurmaeni, Sp.KK.,M.Kes. Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin yang akrab disapa dr Meni ini, asupan air yang kurang akan menyebabkan kulit kehilangan kelembapan dan elastisitas sehingga kulit tampak lebih kusam dan lelah.

Tetapi, Ramadan tidak berarti kulit kita juga akan kelaparan. Untuk menjaganya, agar minum banyak air setelah berbuka puasa. Setelah berbuka, pastikan kita menyantap beberapa makanan yang berbasis air dan buah-buahan yang mengandung banyak air.

”Minumlah 8 gelas antara iftar dan sahur. Fungsi air untuk menjaga elastisitas kulit. Dan kulit akan tetap terhidrasi selama Bulan Ramadan. Tentu saja jauhi minuman soda dan berkafein. Karena efek minuman itu akan mengikat cairan tubuh yang akan mengakibatkan negatif pada kulit kita,” kata dr Meni saat ditemui di ruang prakteknya di RSU Siti Madyang Jl Andi Kambo, Kota Palopo, Jumat 9 Juni 2017.

BACA JUGA:  Tak Mudah Menjadi Isteri Wali Kota

Mengkonsumsi makanan kaya serat, sebutnya akan membantu memperbaiki kulit. Buah-buahan dan sayur, kacang-kacangan dan ikan.

Buah-buahan seperti semangka, pepaya, strawberry, dan buah naga yang mengandung anti oksidan yang tinggi yang berefek sangat positif untuk kulit. Kurma juga merupakan sumber anti oksidan, Vitamin A, zat besi, potasium, kalsium dan magnesium. Dimana kesemuanya meningkatkan kesehatan kulit.

Selain itu, sebut dokter cantik ini, yoghurt adalah makanan yang kaya protein yang memberi nutrisi pada kulit dan dapat membantu dalam pencernaan.

”Di bulan Ramadan ini coba kita tinggalkan dulu kebiasan kita memakai make up yang tebal. Kenakan make up seperlunya saja. Memang tidak ada hubungannya antara penggunaan make up dengan Ramadan, tetapi ini akan memberi kulit kita jeda dari bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam kosmetik,” ucapnya.

”Karena penggunaan make up yang terlalu berlebihan akan menyebabkan pori-pori tersumbat karena kulit dehidrasi,” jelas dokter yang juga berpraktek di RSUD Batara Guru Belopa ini.

BACA JUGA:  Jaga Komunikasi dan Saling Terbuka Kunci Keharmonisan

Jangan lupa, sebutnya, selalu gunakan sunblock dan pelembap bibir. Penting memakai pelembap agar kulit tetap terhidrasi gunakan pelembap pada pagi dan malam hari. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sublok di pagi hari atau saat beraktivitas di luar ruangan. Untuk bibir selalu gunakan lip butter atau lip balm yang mengandung vitamin E. Gunakan selalu sabun mandi yang mengandung banyak mosturizer.

”Nah yang terpenting satu ini jauhi stres. Karena perempuan gampang stres. Stres memiliki efek utama pada kesehatan kulit kita. Saat kita stres, hormon stres (kortisol) dilepaskan ke tubuh kita.

Kortisol mengurangi kemampuan kulit untuk mempertahankan air yang menyebabkan kulit kering, berjerawat, dan berkomedo. Tetap berpikir positif dalam menjalankan ibadah puasa,” jelas wanita single yang hobi traveling.

Ia menambahkan, selalu konsultasikan dengan dokter kulit anda. Harus bijak memilih produk kosmetik yang cocok dengan jenis kulit anda. Karena dokter kulit Anda lebih mengetahui yang terbaik untuk kulit anda.

BACA JUGA:  Baginya Keluarga Sehat, Investasi Sebuah Bangsa

”Jangan memakai sembarang konsmetik atau bedak racikan yang tak tahu siapa pembuatnya serta tak terdaftar di BPOM,” tegasnya. (rhm/ary)

BIODATA

Nama : dr Nurmaeni, Sp.KK.,M.Kes
TTL : Bajo, 5 Juni 1982
Tempat Tugas : RSU St Madyang Kota Palopo dan RSUD Batara Guru Belopa
Hobi : Traveling
Makanan Favorit : Capcai Goreng
Minuman Favorit : Air Putih
Instagram : @dr_meni

Most Popular

To Top