2018, Jamaah Umroh Wajib General Chack Up – Palopo Pos
Metro

2018, Jamaah Umroh Wajib General Chack Up

MAKASSAR — Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI saat ini tengah menggodok Permenkes No.18 tahun 2017 tentang Implementasi penerapan layanan kesehatan jamaah umrah di Indonesia.

Sekretaris DPD AMPHURI Sulawesi, Nurhayat mengatakan, selama ini calon jamaah umrah hanya berbekal kartu suntik meningitis dari Kantor KKP untuk berangkat umrah dan tidak ada pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh (general check up).

“Nah dari hasil FGD dengan pihak terkait yakni Kemenkes, Kemenag, KKP, Perdoki danAsosiasi umrah serta PPIU dirumuskan bahwa standar pelayanan kesehatan umrah juga akan ditingkatkan seperti yang diterapkan bagi calon jamaah haji,” jelas Nurhayat, yang juga menjadi peserta FGD tersebut.

Menurut Dirut Al Jasiyah Travel ini, Permenkes ini diharapkan segera rampung sebelum bergulirnya musim umrah bulan November 2017 ini. Paling lambat 2018 Permenkes ini efektif dijalankan oleh PPIU atau travel umrah.

“Jadi mekanismenya adalah setiap calon jamaah umrah yang akan berangkat mendaftar di travel selanjutnya melakukan general check up di puskesmas atau rumah sakit, selanjutnya akan diberikan buku kesehatan dan diberikan rekomendasi oleh kemenag setempat jika dinyatakan boleh berangkat,” “sebut Bos Al Jasiyah ini.

BACA JUGA:  PLN Gratiskan Tambah Daya Rumah Ibadah

Untuk itu, sebutnya, sebaiknya mulai dari sekarang jamaah yang merencanakan untuk berangkat umrah musim mendatang sudah mulai memeriksakan bahkan menjaga kesehatannya, misalnya dengan rutin berolahraga agar kondisi fit dan dinyatakan siap untuk berangkat melakukan perjalanan jauh ke Arab Saudi.(rls/rhm)

Most Popular

To Top