Petugas Pergoki Sapi Bunting Disembelih – Palopo Pos
Metro

Petugas Pergoki Sapi Bunting Disembelih

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

-Di RPH Lewadang

PALOPO — Meski sudah dilarang oleh pemerintah, ternyata penyembelihan sapi betina produktif masih terjadi di sejumlah tempat pemotongan hewan di Kota Palopo. Termasuk di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Lewadang milik pemerintah.

Buktinya, tim gabungan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (P3) Kota Palopo bersama Satuan Binmas Polres Palopo dan Bhabinkamtibmas, memergoki ada sapi bunting telah disembelih. Itu saat dilakukan sidak di lokasi pemotongan hewan yang ada di Kecamatan Wara Selatan, Rabu 21 Juni 2017 sekira pukul 05.30 Wita.

“Kami menemukan janin sapi, usianya ada yang dua bulan, tiga bulan dan lima bulan. Itu bukti kalau tempat pemotongan hewan di kecamatan Wara Selatan masih memotong sapi betina produktif,” kata Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas P3 Kota Palopo, drh Burhanuddin, kepada Palopo Pos, Rabu kemarin.

Pantauan Palopo Pos menyebutkan, tempat pemotongan hewan di kelurahan Songka, petugas menemukan janin sapi usia dua bulan di dalam rahim sapi yang telah dipotong. Pemiliknya, Rauf, mengatakan bahwa, itu dilakukan karena kurangnya sapi jantan.

BACA JUGA:  Pedestrian Hanya untuk Pejalan Kaki Bukan untuk Parkir!

“Yang banyak itu sapi betina, sapi jantan kurang. Sapi ini saja kami ambil dari daerah Wajo dan Sulawesi Tenggara. Di Palopo sulit,” kata Rauf.

Dia juga mengeluhkan, jika pemotongan sapi betina produktif dilakukan, itu sama saja menutup usaha mereka, lantaran kurangnya sapi jantan.

Di RPHU Lewadang yang ada di Kelurahan Purangi, pemotongan sapi betina produktif juga terjadi. Usia janin sudah lima bulan. Hanya saja, sebelum petugas tiba, mereka membuang janin tersebut agar tidak ketahuan.

“Kami dapat informasi jika di RPHU Lewadang juga memotong sapi betina produktif,” kata drh Burhanuddin.

Selanjutnya, di tempat pemotongan hewan di kelurahan Sampoddo, tim gabungan kembali mendapati sapi betina bunting disembelih. Usia janinnya sekitar 3 bulan.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Most Popular

To Top