Selamatkan Uang Negara Rp3 M, Kapolri Hadiahi Kapolres Palopo PIN Emas – Palopo Pos
Utama

Selamatkan Uang Negara Rp3 M, Kapolri Hadiahi Kapolres Palopo PIN Emas

* Di HUT Bhayangkara ke-71

PALOPO — HUT Bhayangkara ke-71 jadi kado istimewa bagi Kapolres Palopo AKBP Taswin, SIk. Di hari kepolisian nasional, Senin 10 Juli 2017, kemarin, ia yang kini menjadi orang nomor satu di Polres Palopo ke Jakarta untuk menerima ‘hadiah’ langsung dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Ia mendapat pin emas. Itu karena kiprahnya yang berhasil menyelamatkan uang negara hampir Rp3 miliar selama bertugas di subditgakum dipolair baharkam Polri.

Tidak hanya kapolres Palopo, tetapi sembilan penegak hukum yang merupakan rekan Taswin, selama di subditgakum dipolair baharkam Polri, yang tergabung dalam Satgas 115, juga ikut mendapatkan PIN emas yang diserahkan langsung Kapolri.

Baik Taswin, maupun sembilan rekannya itu, mendapatkan penghargaan karena telah menyelamatkan uang negara sebesar Rp2.753.900.000.000, atau setara hampir Rp3 miliar, atas kejahatan perikanan dan kejahatan lainnya (illegal fishing).

Pada saat itu, Taswin beserta tim, memperoleh barang bukti 32 unit kapal ikan berbahan baku besi milik PT AML, kapal ikan berbahan baku kayu empat unit antara lain, milik KM Mitra, KM Perintis Jaya 19, KM Surya Terang, KM Fransisca 8, KM La Garacia 4.

Serta kapal ikan berbahan baku fiberglass dua unit antara lain, KM Fransisca dan KM Naga Mas Perkasa 20 dengan barang bukti Rp66.300.000.000. Maka dari itu, Taswin yang saat ini menjabat kapolres Palopo, diberikan PIN emas dari Kapolri.

“Alhamdulillah, PIN emasnya sudah saya terima dek, pas di Upacara HUT Bhayangkara ke-71. Mudah-mudahan prestasi ini membuat saya dan seluruh jajaran lebih mantap menjalankan tugas baru di Kota Palopo,” ujar Kapolres Palopo, AKBP Taswin, saat dihubungi, Senin 10 Juli 2017.

Pada kesempatan itu, masih kata Kapolres, ada dua anggota Polri yang mendapatkan penghargaan yang disebut Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB). Mereka yang memperoleh penghargaan tersebut tergabung dalam penangkapan terorisme di Bima NTB.

Masing-masing, sebut Taswin, Brigadir Rahmat Adnan NRP 78110669 Ba Satbrimob Polda NTB dan Bharatu Efendi, Ta Satbrimob Polda NTB. Bharatu Efendi sendiri, mengalami luka tembak di lengan kiri. “Sekali kali terima kasih untuk penghargaan ini,” ucap kapolres.

Suasana kebahagiaan mengiringi peringatan puncak acara HUT Bhayangkara di Palopo. Wali Kota Judas Amir bertindak selaku Irup HUT Bhayangkara ke-71, kemarin.

Adapun thema HUT Bhayangkara pada tahun ini adalah “Dengan Semangat Profesionalitas dan Modernisasi, Polri Berkomitmen Meraih Kepercayaan Masyarakat Demi Tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Sejahtera dan Berkeadilan”.

Dalam sambutannya, Wali kota Judas menyampaikan ucapan selamat HUT Bhayangkara yang ke-71 dan dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran kepolisian, khususnya Polres Palopo yang telah melaksanakan tugas dan tanggungjawab, melaksanakan pengamanan.

“Kami pemerintah Kota Ppalopo mengapresiasi kerja Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga hasil nyata dapat terlihat, dimana saat ini Kota Palopo aman dan kondusif,” ungkap Judas.

Usai upacara, dilanjutkan dengan syukuran di Aula Bhakti Pratidina Polres Palopo. Menurut Wakapolres Kompol Woro Susilo yang mewakili Kapolres yang di Jakarta menerima PIN emas, syukuran ini selain bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT yang selalu memberikan perlindungan kepada Kota Palopo, ini juga sebagai bentuk ungkapan terima kasih polri atas apa yang telah diraih selama ini.

“Ini ungkapan rasa syukur kami atas prestasi jajaran Polres Palopo sekaligus sebagai sarana evaluasi, konsolidasi, dan instrospeksi diri, serta sebagai ajang silaturahim guna mempererat tali persaudaraan antara anggota Polri dengan instansi terkait serta seluruh elemen masyarakat,” ungkap wakapolres.

Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada sejumlah tokoh masyarakat yang berjasa dalam mendukung terciptanya harkamtibmas, dan penyerahan bingkisan kepada sejumlah purnawirawan Polri, serta pemotongan tumpeng
Kegiatan itu dihadiri jajaran Polres Palopo, sejumlah kepala SKPD, camat dan sejumlah komponen masyarakat kota Palopo.

Upacara HUT Bhayangkara berlangsung aman dan lancar di Luwu Raya. Di Luwu, pelaksanaan HUT Bhayangkara ke-71 yang digelar di lapangan Andi Djemma Belopa, mendapat pengawalan ketat dari personil brimob. Mereka nampak bersiaga di sekitar lokasi upacara perayaan HUT Bhayangkara ke-71 di Belopa.

Kapolres Luwu, AKBP Ahmad Januari Insan, membenarkan adanya penjagaan ketat dalam perayaan HUT ke-71 Bhayangkara Polri, termasuk di wilayah Kabupaten Luwu.

“Memang benar, kami perintahkan pasukan brimob dengan senjata laras panjang untuk berjaga-jaga pada lokasi HUT Bhayangkara di lapangan Andi Djemma Belopa tahun ini,” ungkap Ahmad Januari Insan, seraya mengatakan, hal ini merupakan perintah Mabes Polri pasca penyerangan terhadap institusi dan personil polisi pada beberapa tempat di Indonesia.

Tidak hanya menjaga lokasi perayaan HUT Bhayangkara ke-71 di lapangan Andi Djemma Belopa, satu pasukan Brimob bersenjata laras panjang juga menjaga lokasi ramah tamah HUT Bhayangkara yang dipusatkan di aula Bappeda Kabupaten Luwu.

“Sekaitan dengan insiden penyerangan terhadap institusi da npersonil Polri kami juga melakukan patroli dan memantau pergerakan paham-paham radikal di Kabupaten Luwu. Termasuk sejumlah napi eks bom Sampoddo. Tapi kami bersyukur, suasana tetap aman dan kondusif. Tetapi kami senantiasa waspada,” kata Ahmad Januari Insan.

Dalam upacara HUT Bhayangkara ke-71, Kapolres Luwu AKBP Ahmad Januari Insan yang bertindak sebagai Irup membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dimana dalam sambutan tersebut setidaknya memuat lima instruksi yang harus dilakukan oleh jajaran Korps Bhayangkara.

?Pertama, Polri harus melakukan perbaikan menajemen internal di Korps Bhayangkara untuk menekan budaya negatif. Kedua, soliditas internal dan profesionalisme Polri dimantapkan guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat dan berkepribadian. Ketiga, kepala negara akan melakukan optimalisasi dengan memobilisasi kinerja Polri dengan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik.

Keempat, kesiagapan operasional harus terus ditingkatkan melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi untuk polisional dan proaktif. Dengan demikian Polri tetap dapat lincah bertindak dan mengikuti perkembangan situasi dengan cepat.

Instruksi yang kelima, Jokowi menginginkan adanya peningkatan kerja sama dan koordinasi dengan berkomunikasi kepada semua elemen pemerintah. Termasuk masyarakat, serta kolega internasional sebagai implementiasi kegiatan sinergi polisional.

Pada acara ramah tamah, Kapolres Luwu AKBP Ahmad Januari Insani didampingi Ketua Bhayangkari Polres Luwu memberikan potongan nasi tumpeng kepada Polisi tertua dijajaran Polres Luwu yakni AKP HM Samsuddin yang akan purna bakti pada bulan Oktober mendatang, serta kepada polisi termuda Bripda Iis Andriani, 19 tahun, pula menyerahkan penghargaan terhadap dua anggota polisi yang dinilai berpestasi dan berkinerja baik. (ded-and/ary)

 

Most Popular

To Top