Lulusan SMA, Ditunjang Skill Komputer – Palopo Pos
Utama

Lulusan SMA, Ditunjang Skill Komputer

* Pendaftaran CPNS Dibuka Agustus

PALOPO — Penerimaan CPNS baru akan dibuka Agustus. Pendaftarannya lewat online. Di Luwu Raya, mereka yang berminat masuk PNS sudah mulai kasak-kusuk cari informasi. Satu yang pasti untuk CPNC dengan formasi sipir diprioritaskan yang berijazah SMA dan sederajat. Tapi, lulusannya harus punya skill komputer.

Setelah memberlakukan moratorium beberapa tahun terakhir untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pemerintah akhirnya membuka kembali. Kesempatan ini pun sebaiknya jangan disia-siakan bagi para pencari kerja.

Saat ini, pemerintah membuka kesempatan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk profesi hakim, petugas tahanan atau sipir, dan petugas imigrasi. Sebanyak 19.210 orang pun dicari untuk menempati ketiga posisi tersebut.

Salah satu instansi yang menerima pelamar CPNS adalah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Masyarakat yang ingin melamar dapat membuka langsung situs untuk pendaftaran online.

Pelamar bisa melihat secara detail syarat dan ketentuannya melalui website kemenpan (menpan.go.id), BKN (sscn.bkn.go.id), MA (mahkamahagung.go.id), dan Kemenkum HAM (cpns.kemenkumham2017.go.id). Di instansi Kemenkum HAM paling banyak menerima CPNS, yakni 17.526 orang untuk berbagai formasi.

Seperti formasi Penjaga Lapas (sipir) sebanyak 14.000 orang yang berkualifikasi ijazah SLTA atau sederajat tetapi harus menguasai komputer. Terus ada formasi Analis Keimigrasian sebanyak 2.278 orang dengan kualifikasi sarjana S1 dan D III dari beberapa jurusan, dan 19 jabatan teknis yang tersedia untuk 1.248 orang dengan kualifikasi sarjana S1 dan D III dari beberapa jurusan.

Kepala Lapas Klas IIA Palopo, Kusnali menyebutkan bahwa untuk tenaga Lapas yang dibutuhkan kualifikasi pendidikan minimal lulusan SMA sederajat. Mengenai harus menguasai komputer itu belum ada petunjuk yang diterima.

”Sejauh ini baru lulusan SMA sederajat, nanti kami tanyakan, tapi yang namanya lulusan SMA dewasa ini memang sudah dibekali mahir menggunakan komputer,” sebutnya, kepada Palopo Pos, Kamis 13 Juli 2017, kemarin.

BACA JUGA:  Pancasila Sudah Final

Untuk diketahui, saat ini Lapas Klas IIA Palopo sebenarnya masih membutuhkan 90 orang pegawai. Namun, yang mendesak diadakan adalah sipir (penjaga penjara). Lapas Palopo butuh 50 orang tenaga pengamanan.

Hal senada juga dikemukakan Kepala Kantor Imigrasi Palopo, Samuel Toba. Ia menyebutkan bahwa untuk tahun 2017 Kemnkumham melakukan perekrutan CPNS hingga 17.562 orang. 14 ribu untuk tenaga lapas dan 2.896 petugas imigrasi.

Dikatakannya, untuk penerimaan petugas imigrasi saat ini baru berupa pengumuman yakni dari 11 Juli hingga 30 Juli. Dimana selanjutnya pendaftaran CPNS baru dibuka 1 Agustus hingga 31 Agustus 2017 mendatang.

Yang perlu diketahui penerimaan ini dilaksanakan secara nasional, nantinya setelah lulus baru akan disebar ke seluruh instansi yang sangat mendesak kebutuhan pegawainya. “Kalau di Imigrasi Palopo itu butuh sekitar enam pegawai. Untuk bidang pelayanan Keimigrasian serta Pengawasan Keimigrasian,” paparnya.

Untuk lulusan SMA dan D3 ini, lanjut Samuel, ada persyaratan setelah melakukan pendaftaran secara online dan menerima kartu pendaftaran. Para pendaftar ini diwajibkan untuk mengirim berkas lamaran sesuai persyaratan lamaran ke PO BOX kantor wilayah masing-masing. “Untuk Palopo dan sekitarnya tentu mengirim berkas lamarannya ke Kanwil Kemenkumham Makassar,” sebutnya.

Menjadi seorang PNS bagi anggapan masyarakat saat ini adalah hal yang menjanjikan untuk masa depan. Hal ini didasari anggapan akan tunjangan masa pensiun dan fasilitas yang menunjang kehidupan seseorang.

Dilansir dari situs BKN, untuk pendidikan tingkat S1 dan D-III dibutuhkan untuk jabatan pembimbing kemasyarakatan pertama, analis keimigrasian pertama, pemeriksa merek pertama, pemeriksa paten pertama, analis kekayaan intelektual, analis hukum, analis perlindungan hak-hak sipil dan hak asasi manusia, penata keuangan, kustodian kekayaan negara, pengelola teknologi informasi, perawat pertama, psikolog klinis pertama dan auditor pertama.

Kemenkumham pun membuka lowongan untuk sejumlah profesi dokter seperti dokter umum pertama, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis penyakit dalam pertama, dokter spesialis ginekologi pertama hingga dokter spesialis anestesi pertama. Tentu saja, pendidikan seputar ilmu kedokteran yang dapat menjabat.

BACA JUGA:  Terpidana Mati Kasus 'Kolor Ijo' Ditembak di Poso

Kriteria pelamar

Selain soal jabatan, ada sejumlah kriteria yang dapat melamar sebagai CPNS. Kriteria itu mencakup pelamar lulusan terbaik, kaum disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat dan masyarakat umum.

Untuk pelamar lulusan terbaik bisa dari perguruan tinggi terakreditasi A atau unggul dan program studi terakreditasi A atau unggul pada saat lulus. Selain itu dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude pada ijazah.
Untuk disabilitas harus memiliki kemampuan dalam melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan diskusi.

Sementara itu, putra-putri Papua dan Papua Barat merupakan pelamar yang menamatkan pendidikan SD, SMP atau SLTP dan SMU di wilayah Papua dan Papua Barat. Atau berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua yang dibuktikan dengan surat keterangan resmi.

Ditambahkan Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, proses pengadaan CPNS dilakukan melalui tahapan Pertama perencanaan, Kedua pengumuman lowongan, Ketiga pelamaran, Keempat seleksi, Kelima pengumuman hasil seleksi, Keenam pengangkatan CPNS dan masa percobaan CPNS, dan Ketujuh pengangkatan menjadi PNS.

Pada saat ini ini, proses masih dalam tahap ketiga, yaitu tahap pengumuman lowongan, pada tanggal 11–31 Juli 2017. Ridwan menambahkan. “Kami masih berkoordinasi dengan Kemenpan RB, Kemenkumham dan MA agar pengumuman ini dibuat sedetil dan sebaik mungkin guna menghindari interpretasi yang salah dari masyarakat,” sebutnya.

BKN tengah menyiapkan infrastruktur pendaftaran CPNS online yang baru akan dibuka pada 1–31 Agustus 2017 pukul 10.00 di sscn.bkn.go.id. “Masyarakat diimbau untuk hanya percaya pada informasi yang tersaji pada website Pemerintah dengan domain go.id. Khusus BKN, semua informasi akan dipusatkan (one stop service) pada web tersebut,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Ciptakan Muslimat Sejati, Cerdas, dan Religius

Syarat Pelamar

Persyaratan untuk melamar seperti WNI, tidak pernah menjalani pidana penjara, tidak memiliki masalah dengan perusahaan sebelumnya, tidak menjabat sebagai anggota TNI, Polri, siswa sekolah ikatan dinas pemerintah juga pengurus partai politik.

Selain itu kesehatan dan tidak memiliki ketergantungan pada narkoba menjadi salah satu persyaratannya. Untuk perempuan yang bertato mungkin harus mengurungkan niatnya untuk melamar karena ketentuan yang berlakukan oleh Kemenkumham.

OVER KAPASITAS

Anggota Komisi III DPR RI Adies Kadir mengimbau kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk meningkatkan pengamanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Sehingga, tidak ada warga binaan yang bisa kabur.

Beberapa waktu lalu, ada napi di Lapas Makassar kabur lewat pos tanpa pengamanan. Salah satunya adalah napi kolor ijo asal Lutim yang akhirnya meninggal karena ditembak saat melawan petugas.

Kemudian di Bali. Ada empat WNA yang kabur. “Petugas yang berjaga atau sipir-sipir itu juga harus ditingkatkan, termasuk perlunya penambahan prasarana dan sarana.

Apakah itu prasarana senjata keamanan, apakah itu alat detektor, dan lain-lainnya,” kata Adies, di sela-sela kunjungan kerja spesifik Komisi III DPR ke Lapas Kerobokan, Badung, Bali, baru-baru ini.

Politisi Fraksi Partai Golkar itu melihat, jumlah sipir sudah tidak sebanding dengan jumlah warga binaan. Bahkan, sebagian besar lapas pun sudah mengalami over kapasitas. Ia menerima informasi bahwa Lapas Kerobokan hanya dapat menampung 300-an napi, namun sekarang sudah mencapai 1.300-an napi.

“Ini memang sudah tidak sesuai lagi dengan kapasitas yang ada. Sudah over kapasitas, apalagi Lapas Kerobokan ini berada di tengah-tengah kota. Hal-hal seperti ini nanti akan kita carikan solusinya seperti apa Lapas Kerobokan ini ke depannya,” tegas Adies.(idr-ich/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top