Dekopinda Luwu Siap Kawal Hasil Kongres Koperasi – Palopo Pos
Luwu

Dekopinda Luwu Siap Kawal Hasil Kongres Koperasi

BELOPA — Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kabupaten Luwu mengikuti kongres Koperasi ke-3 yang digelar 11–15 Juli 2017 di Makassar. Berbagai rekomendasi pelaksanaan kegiatan tersebut telah lahir. Dekopinda Luwu sendiri siap mengawal dan mengimplementasikan sejumlah hasil kongres di Kabupaten Luwu.

“Ada beberapa rekomendasi kegiatan yang dihasilan, Rekomendasi yang bersifat internal dan eksternal tersebut terkait perjuangan koperasi sebagai pilar ekonomi nasional. Kita kawal hal ini dan juga akan dilaksnakan di Kabupaten Luwu,” ujar pengurus Dekopinda Luwu, Muh Anshari Djafar usai mengikuti kongres, kepada Palopo Pos, Minggu 16 Juli kemarin.

Lebih jauh, organisasi yang diketuai oleh HAM Nurdin Halid ini, saat kongres melahirakan beberapa rekomendasi dalam bentuk internal antara lain perlunya upaya strategis dan sistematis bagi gerakan koperasi untuk melakukan modernisasi manajemen dan integrasi usaha vertikal koperasi berbasis IT, sehingga koperasi mampu mengelola usahanya secara korporasi.

“Selain itu juga, gerakan koperasi segera melakukan konsolidasi, integrasi bisnis, permodalan, dan pengembangan SDM untuk mewujudkan produktivitas efesiensi usaha sehingga koperasi mempunyai daya saing.

BACA JUGA:  Ingin Buka Gerai Layanan SIM di Walmas

Dengan demikian gerakan koperasi mendorong para pelaku usaha BUMN dan Swasta untuk bersama-sama memperkuat terwujudnya kedaulatan dan kemandirian ekonomi, ini juga yang akan dilaksanakan di Daerah,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kabupaten Luwu, Yasman Miming mengatakan sementara secara eksternal, Dekopin mendesak pemerintah dan DPR RI untuk mempercepat penyelesaian RUU Perkoperasian, mengamandemen UU Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa, khususnya yang berkaitan dengan status kelembagaan BUMDES berbadan hukum koperasi untuk menjamin demokrasi dan kedaulatan ekonomi desa.

“Dengan adanya rekomendasi dan Deklarasi Makassar ini Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) H.AM Nurdin Halid berharap agar koperasi bisa dikembalikan menjadi fungsi sebagai pilar ekonomi nasional,” ujar Yasman yang juga anggota DPRD Luwu.

Selain itu, jelas Yasman kongres juga menyepakati penyelenggaraan Kongres Koperasi secara reguler lima tahun sekali untuk mengkaji ulang pelaksanaan, melakukan penguatan implementasi, dan menyusun prospek perkembangan koperasi lima tahunan.

“Termasuk menyepakati usulan untuk memperkuat struktur dan menambah kewenangan Kementerian Koperasi dan Pembinaan Kewirausahaan,” ujarnya.(fan/ary)

BACA JUGA:  Yani Mulake-Bahar Bersaing Ketat

Click to comment

Most Popular

To Top