Dua Daerah Tanggung Biaya Transpor Lokal CJH – Palopo Pos
Utama

Dua Daerah Tanggung Biaya Transpor Lokal CJH

* Paspor Sudah Oke, Pengurusan Visa Lancar

PALOPO — Paspor sudah oke, visa calon jemaah haji asal Palopo disebutkan rampung semua. Dokumen untuk perjalanan ke tanah suci baru akan dibagikan saat para CJH sudah berada di asrama haji Makassar.

Bagaimana dengan biaya untuk transpor dari Palopo menuju Makassar? Rupanya, biaya transpor lokal pulang pergi (PP) ditanggung oleh pemerintah. Pemkot Palopo dan Kabupaten Luwu menanggung biaya transpor lokal CJH.

”Ditanggung itu. Saya kurang tahu jumlahnya berapa. Karena ini diatur di bagian kesra Pemkot Palopo,” ujar Nurul Haq, kasi urusan haji dan umrah kemenag Palopo, Kamis 13 Juli 2017.

Ketika hal ini dikonfirmasi ke Pemkot Palopo, Budiman Sulaiman, kabag Kesra Pemkot Palopo, membenarkan biaya transpor lokal untuk 109 CJH Palopo ditanggung oleh pemerintah kota. ”Ada itu. Tapi, saya kurang jelas berapa lagi anggarannya. Nanti saya coba cek dulu,” ujar kabag kesra dari balik ponselnya.

BACA JUGA:  Juni, Kemenkes Buka Penerimaan PNS

Di Luwu, Pemerintah Kabupaten Luwu tahun ini membantu para tamu Allah untuk tambahan biaya transportasi lokal. Tambahan biaya 274 orang CJH diperuntukkan untuk transportasi lokal dari daerah asal ke embarkasi dan dari debarkasi ke daerah asal.

”Sudah disetujui dan dianggarkan di APBD Luwu,” ujar Kasubag Kerukunan Umat Beragama Bagian Kesra Setdakab Luwu Baderullah, SAg, MSi, Senin 10 Juli 2017, lalu.

Untuk tambahan biaya di luar ONH, Pemkab Luwu menganggarkan Rp250 juta. ”Ini untuk membiayai sejumlah item kegiatan,” katanya.

Misalnya, biaya transportasi bus, konsumsi dan dan biaya truk pengangkutan barang. ”Ini merupakan wujud dari komitmen Bupati Luwu Bapak HA Mudzakkar,” tambah Baderullah.

Para tamu Allah ini rencananya akan dilepas dari Ibukota Belopa tanggal 23 Agustus 2017, malam. Masuk asrama haji Sudiang tanggal 24 Agustus, kemudian diterbangkan ke Jeddah pada pukul 03:00 WITA tanggal 25 Agustus 2017 mendatang melalui Embarkasi Hasanuddin.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Luwu, Drs HM Jufri, MA, mengatakan, CJH Kabupaten Luwu masuk dalam gelombang kedua pemberangkatan dengan Kloter-33. CJH Luwu bergabung dengan beberapa CJH dari daerah lain. ”Saat ini, CJH asal Luwu sedang merampungkan manasik haji,” kata HM Jufri.

BACA JUGA:  Pancasila Sudah Final

Nurul Haq, kasi Urusan Haji dan Umrah Kemenag Palopo, mengatakan, CJH asal Palopo rencananya masuk asrama haji tanggal 2 Agustus 2017. Kemudian tanggal 3 Agustus terbang ke tanah suci. ”Saat ini, CJH CJH sudah disuntik meningitis. Kemudian manasik haji,” paparnya.

Manasik haji di tingkat kecamatan dibagi tiga tempat. Ada di Wara Wara Utara, Wara Timur, dan Wara. Perinciannya, di Wara Utara 34 CJH , Wara Timur 36 orang, dan Wara 39 orang.

Ia menyebutkan, untuk dokumen perjalanan para CJH asal Palopo sudah beres semua. Baik paspor dan visa. ”Sudah lengkap semua. Nanti visa dan paspor akan dibagikan di asrama haji,” ucapnya.(and-ary)

Click to comment

Most Popular

To Top