Golkar Bikin Kejutan Lagi – Palopo Pos
Utama

Golkar Bikin Kejutan Lagi

* DPD I Loloskan Armin dan Dua Nama, Hari Ini Fit And Proper Test

PALOPO — Masuknya nama Armin Mustamin Toputiri yang akan mengikuti fit and proper test di DPD I Golkar Sulsel hari ini, memunculkan berbagai spekulasi.

Ada yang bilang kalau ketua DPD Golkar Palopo ini dodorong oleh orang-orang dekat Nurdin Halid. Jadi, DPD I Golkar Sulsel sepertinya bikin kejutan di pilwalkot Palopo 2018.

DPD I Partai Golkar Sulsel kembali bikin kejutan. Kali ini, mengakomodir nama H Armin Mustamin Toputiri sebagai balon wali kota yang mengikuti fit and proper tes di Makassar pada 17-18 Juli 2017.

Selain Armin, DPD I juga mengakomodir dua nama lainnya yakni Edy Maiseng dan Basiruddin. Kedua nama tersebut mendaftar di Golkar, namun tidak mengembalikan formulir. Sebelumnya, DPD I Golkar juga membuat kejutan ketika meloloskan nama Akhmad Syarifuddin yang telah digugurkan Tim Penjaringan DPD II Golkar Palopo.

Masuknya nama Armin, Edy, dan Basiruddin diinfokan oleh Ketua Golkar Palopo, Armin via WA kepada Palopo Pos, Sabtu 15 Juli 2017 sekira pukul 01.56 Wita dini hari.

BACA JUGA:  Ortala Kejar Deadline Akhir Tahun

Ia mengirimkan jadwal final fit and proper tes balon Walikota Golkar Palopo. Pada Senin 17 Juli 2017 pukul 14.00 – 18.00 Wita, Budi Sada, Burhanuddin, dan HM Jaya.

Hari Selasa 18 Juli 2017 pukul 10.00 – 13.00 Wita, Judas Amir, Khaerul Saad, Muh Yunus, Steven Hamdani, Akhmad Syarifuddin, Edy Maiseng, dan Basiruddin. Pukul 13.00 – 14.00 Wita, jadwal Armin Mustamin Toputiri fit and proper tes di Makassar.

Ketua Tim 7 Penjaringan DPD II Golkar Palopo, Muh Irwan Annas yang berhasil dimintai tanggapannya, belum bisa memastikan siapa yang akan diusung Golkar pada Pilwalkot Palopo 2018. ”Tanggal 18 (18 Juli 2017) baru bisa diketahui tiga besar yang lolos di tingkat DPD I. Karena selesai fit and proper tes, baru pleno,” terang Irwan.

Namun secara pribadi, ia berpendapat bahwa kans incumbent HM Judas Amir sangat berpeluang mengendarai Golkar dengan catatan komitmen memenangkan pasangan Nurdin Halid – Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-AQM) di Pilgub Sulsel 2018. ”Asal komitmen ji, saya yakin beliau yang dapat Golkar,” tandasnya.

BACA JUGA:  Wagub Ingin Tingkatkan Sinergi Pemda dan PT

Melihat dinamika yang terjadi jelang uji kelayakan dan kepatutan di DPD I Golkar Sulsel dengan dimasukannya tiga nama termasuk Armin, sejumlah pengamat melihat kalau Golkar berupaya meneropong figur yang dianggap bisa memenangkan pertarungan di Palopo. Termasuk figur yang bisa memenangkan pasangan NH-Aziz di pilgub Sulsel.

Dengan masuknya nama Armin di DPD I Golkar Sulsel, menambah daftar pengurus Golkar yang akan diwawancarai oleh tim penjaringan DPD I Golkar Sulsel. Nama pengurus Golkar yang dinyatakan lolos sebelumnnya adalah Akhmad Syarifuddin, Steven Hamdani, dan Burhanuddin.

”Ikutnya Armin dalam wawancara balon pada DPD Golkar Sulsel merupakan variabel baru yang berimplikasi pada perubahan konstelasi politik yang selama ini terbangun,” ujar Ahmad Adiwijaya Sahidin, pengamat politik asal Palopo, malam tadi.

Hal ini ibarat dua sisi mata uang yang memiliki sisi positif dan dan negatif bagi Golkar itu sendiri, khususnya pada kontestasi pilwalkot maupun pilgub 2018, mendatang. ”Nama Armin sendiri di beberapa lembaga survei selalu muncul namanya. Termasuk saat SRC melakukan survei,” ucap Jaya–sapaan akrabpnya.

BACA JUGA:  NH: Tugas Berat Masih Panjang

Akademisi asal Unanda, Abd Rahman Nur, melihat dinamika yang terjadi di Partai Golkar hal yang wajar. Bahkan, lanjutnya, ini biasanya menjadi strategi politik partai untuk membangun isu untuk penguatan partainya. ”Jadi soal mekanisme partai tentu merujuk pada aturan internal partai masing-mkasing,” ucapnya.(ikh-ary)

Click to comment

Most Popular

To Top