Pemda Torut Ajak Tanam Cabe dan Holtikultura – Palopo Pos
Toraja

Pemda Torut Ajak Tanam Cabe dan Holtikultura

*Ketika Kunjungi Kelompok Tanam Cabe di Dua Kecamatan

RANTEPAO–Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, dalam upaya untuk mengajak masyarakat mengurangi budaya ketergantungan soal kebutuhan cabe, tomat, serta sayur- sayuran. Dimana saat ini masyarakat di Torut masih tergantung dari pasokan daerah tetangga.

Hal itu membuat Pemerintah Torut secara gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Untuk gemar menanam cabe, tomat dan sayur-sayuran dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada.

Memasuki hari kedua, kunjungan yang dilakukan oleh Kadis Pertanian, Ir Daud Pongsapan MSi. Melakukan evaluasi sejumlah kelompok hortikultura di beberapa Kecamatan bersama staf dan Kepala Bidang Dinas Pertanian, Sabtu 15 Juli 2017.

Tim mereka menyisir kelompok tanam cabe lombok katokon di Kecamatan Denpina dan Kecamatan Sopai. Dari kunjungan tersebut, kelompok tanam cabe di Kecamatan Denpina yang memiliki lahan yang menyebar dibeberapa lokasi. Dengan luas lahan kurang lebih 3,5 Ha.

Bahkan, ada kelompok binaan Dinas Pertanian Torut di Kecamatan Denpina sudah siap melakukan panen lombok katokon.

BACA JUGA:  Pemkab Beri Bonus Anggota Paskibra

Daud, saat memantau langsung di sejumlah kantor cabang Badan Penyuluhan Pertanian (BPP), di beberapa Kecamatan. Melihat lebih dekat pembenihan bibit hortikultura seperti bibit cabe, tomat, sayur-sayuran.

Untuk di didistribusikan kepada kelompok tanam cabe. Agar bibit hortikultura cabe, tomat dan sayuran tetap ada ketika warga membutuhkannya.

Kunjungan dilanjut di Kecamatan Sopai dengan meninjau langsung kelompok tanam cabe lombok katokon di Lembang Merante. Kelompok yang dikoordinir oleh Latif Pongtengko ini dengan asuhan petugas penyuluhan Muh Bahman SP. Dimana tanaman lombok katokon dengan lahan seluas kurang lebih 3,5 Ha. Juga siap untuk dilakukan panen dengan tingkat pertumbuhan cukup subur.

Latif sendiri saat memberikan keterangan persnya. Terkait usaha dan upayanya membudidayakan tanaman cabe katokon terbilang cukup sukses.

“Membudidayakan tanam ini perlu adanya ketelatenan dan ketekunan dalam merawatnya. Seperti kita merawat diri sendiri. Sehingga cabe katokon mengalami pertumbuhan sangat baik seperti apa yang bapak lihat saat ini,” ujar Latif.

BACA JUGA:  Welem Kembali Nahkodai PKBGT

Latif Pongtengko, cukup sukses mengkoordinir kelompok tanam cabe yang ada diwilayahnya di Toraja Utara.(mg5/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top