Dokter Cantik yang Senang Tantangan – Palopo Pos
FEMALE

Dokter Cantik yang Senang Tantangan

* dr Fahmiyanti Arsi Amin, Sp.M.,M.Kes

”Saya harus berjibaku dengan medan yang sulit. Terlebih di daerah pegunungan. Bahkan, harus digendong menyeberangi sungai untuk mencapai satu desa. Semoga ini bernilai ibadah”.

Demikian kutipan cerita seorang dokter cantik spesialis mata. Namanya,

dr Fahmiyanti Arsi Amin, Sp.M.,M.Kes. Saat melayani pasiennya, ia rela ke pelosok desa. Dia merupakan merupakan sosok penting di balik kegiatan sosial konsultasi kesehatan dan pemeriksaan mata gratis yang selama ini digelar di Luwu Raya.

Istri dari anggota DPRD Luwu, Sul Arrahman ini dikaruniai 3 (tiga) orang putri yang merupakan a
lumni SMAN 2 Makassar ini memang bercita-cita menjadi seorang dokter. Terbukti dua tahun memperjuangkan diri mendaftar dan mengikuti bimbingan belajar, baru kemudian cita-cita itu terwujud.

Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar ini memang dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Sejak di bangku kuliah ia sudah sering melakukan kegiatan bakti sosial. Seperti sunnatan massal dan lain-lain, tidak hanya di Makassar, bakti sosial yang ia ikuti hingga ke luar daerah. Sering kali ia berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis yang digelar di Kabupaten Luwu.

Sempat stase di Kabupaten Luwu pada tahun 2012, setelah sosialisasi masyarakat diberikan pemahaman tentang penyakit mata, glukoma, dan pentingnya menjaga mata, yang meningkatkan kesadaran masyarakat untuk datang ke rumah sakit memeriksakan matanya.

Rasa miris menghampirinya ketika ada masyarakat yang kurang mampu mengalami gangguan penglihatan dan harus menjalani operasi tapi ia tidak terkafer oleh BPJS Kesehatan. Itulah yang memotivasinya untuk tetap menjalankan konsultasi dan pemeriksaan mata secara cuma-cuma (gratis).

“Masyarakat sangat membutuhkan penanganan medis, karena jarak tempuh yang begitu jauh serta infrastruktur jalan yang medannya sulit ke tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit. Ini salah satu alasan saya untuk tidak membuka tempat praktek, agar bisa melayani langsung masyarakat secara cuma-cuma di pelosok Luwu,” ujar dokter yang dikenal ramah dan bermasyarakat ini.

dr  Fahmiyanti menambahkan, jika kegiatan pemeriksaan mata sistem ‘door to door’ yang dilakukan sejak 2010 tidak mengganggu jam dinasnya di RSUD Batara Guru tempat ia mengabdi. Karena program pelayanan kesehatan gratis selama ini digelar di luar jam dinasnya. Selain itu, kegiatan ini juga tidaklah membatasi waktunya untuk mengurus keluarga selaku ibu rumah tangga. Karena suaminya pun ikut terlibat dan juga memberikan motivasi untuk tetap mengabdikan diri ke masyarakat.

Adanya motivasi dorongan dari suaminya yang memang sejalan dalam hal kegiatan-kegiatan sosial. Sang Suami juga intens melakukan kegiatan – kegiatan sosial kemasyarakatan seperti pendampingan masyarakat pesisir, kemudian menahkodai Karang Taruna, KAHMI, dan organisasi kepemudaan lainnya.

2010 adalah tahun pertama ia menggelar pemeriksaan mata gratis di Kabupaten Luwu.

Tidak hanya menjangkau daerah yang akses kelokasinya mudah, sampai ke pelosok desa yang berada di daerah pegunungan pun tak luput dari jejak kakinya guna memberikan fasilitas kesehatan mata kepada masyarakat Luwu. (rhm/ary)

BIODATABIODATA
Nama                       :  dr Fahmiyanti Arsi Amin Sp.M.,M.Kes.

TTL                          :  Makassar, 2 Juli 1980

Pendidikan             : Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar

Tempat Tugas        :  RSUD Batara Guru Belopa

Suami                     :  Sul Arrahman (anggota DPRD Luwu)

Anak                       :  Tiga Orang

Click to comment

Most Popular

To Top