Soppeng Juara Story Telling Tingkat Sulsel – Palopo Pos
Pendidikan

Soppeng Juara Story Telling Tingkat Sulsel

MAKASSAR— Prestasi membanggakan ditorehkan salah satu murid dari Kabupaten Soppeng. Pada lomba Story Telling atau lomba bercerita yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel, Rama Rahmad berhasil meraih juara I.

Kegiatan yang digelar di gedung Multi Media, Makassar ini, berhasil menyisihkan rekan-rekannya dari 24 kabupaten/kota di Sulsel. Pada babak penyisihan, ada 24 peserta, kemudian di babak final tersisa lima peserta.

Rama yang kini duduk di kelas VI SDN 153 Walimpong, Desa Barae, Kecamatan Marioriwawo, Soppeng ini, sebelum ke final, mampu menyisihkan rekan-rekannya.
Pada babak penyisihan, ia bercerita soap asal mula Ompo, sebuah tempat permandian yang ada di Kota Kalong, Soppeng, yang begitu jernih airnya.

Cerita yang dibawakan mampu ‘menghipnotis’ para dewan juri. Ia pun berhasil melaju ke final.

JUARA: Rama Rahmad juara I Story Telling yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel, 24-25 Juli kemarin. Rama saat didampingi Guru Pembinanya, Tahirawati Rasyid, S.Pd.

Di babak yang mendebarkan itu, Rama yang didampingi Guru Pembinanya, Tahirawaty Rasyid, S.Pd, bercerita soal Walimpong, sebuah nama daerah di Soppeng, juga mampu membuat terkesima para dewan juri. Akhirnya, pada saat pengumuman, ia pun berhasil meraih juara I.

BACA JUGA:  Hanya 3 Guru Sudah Diklat Cakep

Kegiatan yang dilaksanakan mulai Senin sampai Selasa, 24-25 Juli, yang tampil sebagau juara 2 adalah Kabupaten Pinrang, sementara Makassar menduduki juara III.
Rama yang orang tuanya seorang petani ini, menurut guru pembinannya, Tahirawati Rasyid, memang penuh bakat. Ia rajin latihan. Ini juga berkat dorongan dari kepala sekolah, Drs Sumange. Juga mendapat support dari Kadis Perpustakaan Soppeng Drs. Ridwan. MSi. dan pendamping perpustakaan A. Zurachmiaty, SH.

Kepala Sekolah SDN 153 Walimpong, Desa Barae, Kecamatan Marioriwawo, Soppeng, Sumange merasa terharu atas prestasi anak didiknya. Ia mengucapkan terima kasih karena dapat menorehkan prestasi membanggakan. ”Perjuangan anak-anak kami luar biasa. Mereka mampu berbuat yang terbaik. Kami bangga. Kami salut,” kata Sumange.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Drs. H.Abdul Rahman, MM, mengatakan, lomba story telling ini, merupakan ajang adu wawasan dan adu bakat bagi pelajar. ”Ini untuk pengembangan budaya baca dan menumbuhkan kecintaan anak terhadap cerita-cerita rakyat,” katanya.

BACA JUGA:  Sabet Juara III Gerak Jalan Indah

Dia juga menyampaikan selamat kepada yang juara. ”Saya ucapkan selamat kepada yang juara. Belajar dan terus belajar supaya bisa lebih bagus prestasinya,” katanya.
Atas keberhasilan ini, Rama mendapatkan hadiah berupa trophy, sertifikat, dan uang pembinaan Rp3.500.000,-. (rls)

Click to comment

Most Popular

To Top