Ditangan Judas Amir, Petani Sejahtera – Palopo Pos
Metro

Ditangan Judas Amir, Petani Sejahtera

*Serahkan Bantuan Alsintan

PALOPO – Program Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH yang menggalakkan program pertanian sudah dirasakan manfaatnya oleh warga. Ini menandakan, keberadaan Judas Amir sebagai Wali Kota Palopo mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sektor pertanian.

Bahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (PPP) menyalurkan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada masyarakat petani yang disaksikan unsur Muspida dan masyarakat kelompok tani, di Kantor Dinas PPP, Rabu 9 Agustus 2017.

Adapun jumlah alsintan tersebut terbagi dalam beberapa macam seperti, combaign 10 unit, traktor tangan 38 unit, mesin tanam 13 unit, cultivator 8 unit, dan pompa air 20 unit. Selain, itu ada pupuk organik dan bibit unggul seperti padi dan jagung. Keberadaan sejumlah alsintan ini diserahkan langsung Wali Kota Palopo HM Judas Amir, bersama Kapolres Palopo, AKBP Taswin, Ketua DPRD Kota Palopo, Harisal A. Latief, dan Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Cecep Sutendi.

BACA JUGA:  Buka Diklatpim IV, Ini Pesan Wali Kota

Wali Kota melihat dan mengecek langsung sejumlah alsintan tersebut. Bahkan, menekankan agar alsintan ini dipergunakan sebaiknya, dan diperuntukan kepada masyarakat petani.
“Kiranya, alat ini digunakan sebaik-baiknya. Penyerahan bantuan ini dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat,” tegasnya.

Menurutnya, penyerahan alsintan tersebut, sudah merupakan kewajiban pemerintah dalam mendorong masyarakatnya yang bergerak di sektor pertanian. Olehnya itu, masyarakat memahami bahwa apa yang dilakukan pemerintah selama ini tidak lain adalah kepentingan masyarakat.

“Pemerintah adalah pelayan masyarakat, dan tentunya masyarakat juga harus bisa juga mengabdikan diri termasuk salah satunya kepada pemerintah,” jelasnya lagi.

Bahkan, pihaknya mewanti-wanti kepada masyarakat agar keberadaan alsintan tersebut digunakan sesuai tempatnya. Khawatirnya, jika dikemudian hari terdapat penyalahgunaan barang tersebut bisa berdampak buruk.

“Saya tidak ingin melihat barang ini dioperasikan di lura Kota Palopo, sebab itu bukan peruntukannya,” jelasnya lagi.
Sementara itu, Kadis PPP, Harisman, mengatakan penyaluran alsintan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Tidak tanggung-tanggung pemerintah melalui lobi-lobi di pusat mampu menurunkan bantuan tersebut.

BACA JUGA:  Kalla Toyota Andalkan Agya dan Calya

“Ini sudah memasuki tahun kedua pemerintah menyalurkan hal ini ke masyarakat. Tentunya adanya alsintan ini produksi tanaman masyarakat bisa lebih meningkat,” katanya.

Adapun penyaluran alsintan itu seperti combaign, kata dia, disesuikan dengan kebutuhan masyarakat. Alsintan yang terdiri dari 8 unit hanya diperuntukan bagi gabungan kelompok tani (Gapoktan). Satu unit alsintan digunakan satu gapoktan dari 8 gapoktan yang ada. Bahkan, Harisman mengupayakan beberapa alsintan akan menyusul akan direalisasikan ke masyarakat petani seiring kebutuhan petani bisa lebih meningkatkan produksi pertaniannya.

“Saya tidak janji, namun pemerintah akan mengupayakan realisasi alsintan selanjutnya, serta berbagai kebutuhan petani lainnya ke depan,” tandas Harisman.(rul/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top