Dua Keluarga Nelayan Terima Asuransi Rp160 Juta – Palopo Pos
Metro

Dua Keluarga Nelayan Terima Asuransi Rp160 Juta

*Wali Kota Serahkan 20 Perahu

PALOPO — Perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo untuk kesejahteraan dan meningkatkan hasil tangkapan nelayan terus ditunjukkan. Rabu, 9 Agustus 2017 Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH kembali menyerahkan bantuan kepada ratusan nelayan.

Bantuan ini berupa 20 unit perahu lengkap dengan mesin dan alat tangkapnya untuk 20 keluarga nelayan serta mendapat bantuan alat tangkap untuk nelayan yang biasa mencari ikan di perairan, seperti pukat.

Penyerahan bantuan untuk nelayan kemarin juga ditandai dengan pemberian klaim asuransi dari Jasindo bagi keluarga nelayan yang telah meninggal akibat kecelakaan kerja.

Judas Amir pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa belum tersentuhnya bantuan kepada seluruh nelayan bukan karena pilih kasih tetapi karena keterbatasan anggaran.

Olehnya itu, di hadapan ratusan nelayan yang juga dihadiri Kepala Dinas Perikanan, Ilham Tahir serta beberapa camat dan lurah, Wali Kota meminta agar Dinas Perikanan kembali mendata nelayan yang kurang mampu dan belum pernah tersentuh bantuan pemerintah.

BACA JUGA:  Pengusaha Kuliner Diimbau Bayar Pajak

“Pemerintah tidak pernah pilih kasih, adanya diantara kita yang belum tersentuh bantuan hingga saat ini murni karena keterbatasan anggaran. Olehnya itu, saya minta Pak Kadis Perikanan data nelayan yang kurang mampu, kita akan berikan bantuan tahun depan, silahkan Pak Kadis usulkan anggarannya di 2018 nanti,” ujarnya.

Dijelaskan Judas Amir, sebagai Wali Kota ada dua pegangannya yang menjadi kewajiban dalam hidupnya. Pertama melayani Allah dan melayani masyarakat.

“Sebagai umat yang beriman saya wajib melayani Tuhan saya, Allah SWT dan sebagai pemerintah yang lahir dari rakyat maka saya wajib melayani rakyat atau masyarakat Kota Palopo, saya siap melayani kita semua, sebagai Wali Kota, saya terbuka sama kita, sampaikanki apa yang kita inginkan, saya akan kasiki,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan, Ilham Tahir, menyebutkan di Kota Palopo produksi perikanan selama beberapa tahun terakhir terus mengala peningkatan. Pada sekor perikanan lanjutnya, Palopo mampu menyuplai jebutuhan ikan di pasar-pasar hingga ke luar Kota Palopo.

BACA JUGA:  Masih Berkeliaran, Hewan Ternak Ditembak Bius

“Maka dari itu, pemberian bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada nelayan kita sekaligus ungkapan terimakasih pemerintah,” katanya.

Dirincikan bantuan 20 unit perahu tersebut untuk 20 keluarga nelayan yang tergabung dalam dua kelompok nelayan.
“10 unit perahu ukuran 12 meter x 9,5 meter itu untuk kelompok nelayan Pattabere dan 10 unit perahu ukuran 5,5 meter x 12,20 meter. Bantuan lain berupa alat tangkkap rakkang 1.000 unit, pukuran 3 inchi sebanyak 5 unit dimana 1 unit berisi 10 pis, dan 1 pis panjang 10 meter. Sumber pendanaan bantuan ini dari APBD tahun 2017 sebesar Rp1.340.430.000,” rinci Kadis Perikanan.

Khusus penyerahan bantuan klaim asuransi kepada Sitti Masita selaku ahli waris atau isteri nelayan almarhum Yusri Yunus dan Margawu selaku ahli waris nelayan Almarhum Habir masing-masing sebesar Rp160 juta.

“Dananya sudah ada di rekening, hari ini akan ditransfer ke rekening yang bersangkutan. Saya laporkan masih ada satu nelayan dari Kelurahan Pontap sudah kami usulkan ke pusat untuk mendaparkan kliam asuransi,” lanjutnya.

BACA JUGA:  Kelelahan dan Sakit Pinggang Banyak Dikeluhkan

Kadis Perikanan dalam kesempatan ini menyampaikan agar nelayan yang belum memiliki kartu asuransi untuk melaporkan diri ke Dinas Perikanan.

“Dari jumlah 2.600 nelayan di Palopo, di tahun 2016 kami sudah distribusi 1.604 kartu asuransi, di tahun 2017 kami akan distribusikan kembali 800 sehingga target kita akhir 2017 seluruh nelayan di Palopo bisa diasuransikan,” tandasnya.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top