Kejari Kembalikan Berkas SIM Palsu – Palopo Pos
Kriminal

Kejari Kembalikan Berkas SIM Palsu

PALOPO— Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Palopo mengembalikan berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) milik Andi Hairuddin dan Andi Sukma. Keduanya adalah tersangka yang tertangkap karena membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) bodong alias palsu.

“Berkas kedua tersangka sudah dilimpahkan ke Kejari, namun penyidik kejaksaan masih menyatakan belum lengkap atau P-19. Jadi berkasnya dikembalikan lagi polisi untuk dilengkapi,” terang Kapolres Palopo AKBP Taswin SIK, MH ketika ditemui di ruang kerjanya Rabu 9 Agustus siang kemarin.

Menurut Kapolres, berkas tersangka dikembalikan setelah diteliti oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan menyatakan berkas masih P-19. Tentunya pengembalian berkas disertai dengan petunjuk teknis dari kejari untuk segera dilengkapi oleh penyidi kepolisian. “Nanti setelah petunjuknya dilengkapi berkasnya kita kirim lagi, sambil menunggu dinyatakan lengkap atau P-21,” jelas perwira dua melati di pundak ini.

Berkas tersebut dikembali penyidik kejaksaan sejak beberapa hari lalu dan sudah berada di tangan Penyidik Reskrim Polres Palopo untuk dilakukan penyempurnaan sebagaimana petunjuk yang diberikan oleh kejaksaan.

“Pihak kami sudah langsung bekerja melakukan perampungan untuk memenuhi petunjuk jaksa. Dan tidak ada kendala yang berarti dalam penanganan kasus dugaan pemalsuan SIM ini. Semua petunjuk yang diberikan jaksa akan kita penuhi,” tandasnya.

Seperti diketahui, kepolisian Polres Palopo menangkap dua orang pembuat SIM bodong pada Jumat dini hari 5 Mei 2017 lalu, di Jalan Yosudarso, Palopo. Hanya saja Andi Hairuddin dan Andi Sukma mendapat keistimewaan setelah pemohonan pengalihan penahanan dikabulkan sehingga tersangka pemalsu SIM tersebut tidak lagi ditahan di Polres Palopo.

Namun demikian kasusnya tidak berarti dihentikan. Kedua tersangka ditangkap disertai dengan barang bukti berupa print out merek Canon, satu unit mesin laminating, laptop Toshiba, alat pemotong kartu, 14 lembar blangko SIM A dan blangko SIM C kosong, serta satu rim kertas PVC.(him/ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top