Istri Anggota DPRD Pengin Beli Mobil – Palopo Pos
Utama

Istri Anggota DPRD Pengin Beli Mobil

* Kalau Gaji Suami Naik

PALOPO — Istri siapa yang tidak senang dengar gaji suami naik. Begitu juga dengan istri anggota DPRD Kota Palopo. Mereka senang dan sangat gembira. Di benak mereka, sudah terbayang rencana yang besar ke depan. Ada anggota Ikatan Keluarga (IKA) DPRD Palopo pengin beli mobil baru dari hasil tunjangan transportasi.

Berbagai hal yang diinginkan para istri anggota DPRD Palopo dalam menyambut kenaikan tunjangan suami yang menjabat sebagai anggota DPRD. Sejak mengetahui rencana kenaikan tunjangan wakil rakyat tidak sedikit pula diantara istri anggota DPRD berseri-seri dan bernapas lega.
Seiring dengan perkembangan, berbagai kebutuhan juga meningkat. Seperti kebutuhan rumah tangga, anak sekolah, dan sampai pada kebutuhan sosial kemasyarakatan yang nilainya tidak dapat dipastikan.

Seperti diungkapkan Ketua Ikatan Keluarga (IKA) DPRD Palopo, Hernawati, ia tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Istri ketua DPRD Palopo ini menyambut positif niat baik Jokowi tersebut. Memang, kata dia, selama 13 tahun gaji anggota DPRD tidak pernah mengalami kenaikan. ”Kita sangat bersyukur hal ini. Lagi-lagi ada tambahan untuk kebutuhan,” ujar ketua IKA DPRD Palopo, kepada Palopo Pos, kemarin, di kediamannya.

BACA JUGA:  Kadis Pendidikan Tersangka

Apa saja rencana ke depan setelah tunjangan anggota DPRD naik? Baginya, kenaikan tunjangan akan tetap dipergunakan dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga, pendidikan anak, dan juga kebutuhan sosial lainnya.

Ia menyadari jika cos seorang pejabat tidak terbilang sedikit. Selain untuk rumah tangga, ada juga dialokasikan untuk kebutuhan di luar biaya rumah tangga. Misalnya, berpartisipasi dalam setiap kegiatan sosial. “Sudah pasti kita ini istri pejabat seringkali berpartisipasi di luar seperti menghadiri pesta pernikahan, termasuk sumbangan-sumbangan suka rela lainnya,” katanya.

Dengan adanya kenaikan gaji angggota DPRD ini, dia janji tidak mengabaikan sisi kehidupan dari seorang pejabat, seperti sikap kedermawanannya kepada sesamanya masyarakat. “Kalau kami pasti tetap mendampingi suami yang menjadi legislator, dan semoga adanya tambahan gaji anggota DPRD ini lebih menambah rejeki kami ke depan,” tuturnya.

Tidak kalah menariknya dari Ny Idha Hamka Pasau. Saat ditemui di kediamannya, kemarin, istri anggota DPRD asal PKB Palopo memiliki keinginan untuk membeli mobil dari kenaikan gaji suminya itu. Sejak mendengar kabar tentang kenaikan gaji anggota DPRD, ia dan istri anggota DPRD lainnya mengaku gembira dan senang. “Semuanya pasti kita bersyukur dan senang atas hal itu. Dari kenaikan gaji ini, saya rencana gunakan untuk membeli mobil,” katanya sambil tersenyum.

BACA JUGA:  Komisi I Sodori Kasus Pemanahan dan 'Bali'

Menurut dia, rencana yang dimilikinya itu dinilai menambah kemudahan suaminya dalam melaksanakan tugasnya sebagai anggota DPRD seperti saat bepergian dalam melaksanakan tugas. “Ya, kalau nantinya gaji sudah dibayarkan, maka saya akan membeli mobil,” tambahnya.

Keinginan untuk beli mobil memang beralasan. Dari pemahaman ibu dari lima anak ini, tunjangan transportasi akan dimanfaatkan untuk membeli mobil baru. ”Ini bisa, meski saat ini kami sudah memiliki satu unit mobil pribadi. Kan tidak ada salahnya, uang itu memang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya,” katanya.

Sebab, lanjutnya, selama ini anggota DPRD tidak diberikan biaya transportasi. Namun, seiring kebijakan pemerintah pusat akhirnya pemerintah mengadakan uang transportasi untuk anggota DPRD. “Biasanya bapak di sini hanya menggunakan kendaraan roda dua ke kantor, dan kadang juga menggunakan mobil,” katanya.

Selain itu, kebutuhan lainnya juga tidak lepas dari kebutuhan rumah tangga. Tidak hanya itu, wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini juga mengaku mengalokasikan pendapatan suaminya ke sosial kemasyarakatan. “Seperti pesta pernikahan, sumbangan suka rela, termasuk sumbangan terhadap keluarga yang membutuhkan bantuan di kala sakit,” sebut sekretaris IKA ini.

BACA JUGA:  Berkat Peran Eks Pemain Gaspa

Demikian pula halnya yang diungkapkan Leli. Istri dari Subir Surahman turut senang dan gembira. Hanya saja, dia belum merencanakan membeli sesuatu yang berkapasitas tinggi seperti kendaraan roda empat. “Ya, sudah pasti kita ini senang, meski kita belum mengetahui nilai kenaikan gaji suami saya, namun kita tetap bersyukur adanya tambahan ini membuat suami kita ini lebih semangat bekerja,” katanya.

Menurutnya, adanya tambahan gaji tersebut semakin memudahkan dirinya dalam memenuhi kebutuhan lainnya. “Di sini, kita punya kebutuhan berbagai macam. Ada untuk anak sekolah, rumah tangga, termasuk kebutuhan yang tidak terduga,” katanya.

Dikatakan, kebutuhan lainnya seperti menghadiri kegiatan sosial kemmasyarakatan dan yang tidak terduga lainnya tidak terbilang sedikit. “Sudah pasti, kita ini sebagai istri pejabat tidak sedikit untuk mengelurkan biaya, namun adanya tambahan gaji ini bisa lebih memenuhi itu semua dan terutama kebutuhan tiap hari,” terang bendahara Ika ini.(rul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top