Simulator Bakal Lengkapi Lab SMK Pelayaran SNU – Palopo Pos
Utama

Simulator Bakal Lengkapi Lab SMK Pelayaran SNU

*Pertama di Indonesia Timur

PALOPO — Tidak lama lagi SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama (SNU) Palopo bakal dilengkapi alat canggih berupa simalutor untuk praktik para taruna. Alat ini merupakan satu-satunya yang dimiliki SMK Pelayaran di Indonesia timur yang direkomendasikan oleh International Maritim Organisasi (IMO) untuk mendapatkan pengakuan secara international atau approval.

Kepala Sekolah SMK Pelayaran SNU, Saldius Palengka, kepada Palopo Pos, di sela-sela acara wisuda perwira di Lapangan Gaspa Palopo, Kamis 10 Agustus 2017, mengatakan, pihaknya melengkapi laboratorium dengan alat simulator room untuk Nautika dan Tekhnika ini agar taruna dapat meningkatkan kompetensi mereka.

Dimana dengan alat simulator ini para taruna mersakan kondisi pada saat berada di atas kapal. Selain itu, alat simulator ini untuk mendapatkan pengakuan secara international dari IMO yang dipergunakan para lulusan nantinya.

“Jika SMK SNU mendapatkan approval ini berarti sudah setara dengan diklat pelayaran oleh Kementerian Perhubungan RI seperti BP2IP, bahkan approval ini setara dengan akreditasi A,” kata Saldius. Pihaknya menjadwalkan penambahan alat simulator ini sudah hadir bulan ini, dan siap digunakan para taruna melakukan praktik.

Pembina Yayasan Pendidikan Pelayaran SNU, Rustam Lalong, mengungkapkan hal istimewa yang didapatkan SMK Pelayaran SNU tahun ini adalah approval tersebut. “Tahun ini SMK Pelayaran SNU akan dihadiahi approval,” jelasnya. Ini menunjukkan komitmen pengelola dalam meningkatkan mutu para alumni dalam dunia kerja nantinya.

“Saat ini saja alumni SMK Pelayaran SNU ini sudah banyak terserap dalam dunia kerja baik perusahaan dalam negeri maupun di luar negeri seperti Dubai, Afrika, Singapura, Malasya dan sejumlah negara lainnya, ini menunjukkan kompetensi lulusan sangat diterima. Ditambah lagi jika SMK Pelayaran SNU sudah mendapat Aproval,” katanya.

Pada pelaksanaan Wisuda ANT IV dan ATT IV SMK Samudera Nusantara Utama Palopo sebanyak 109 orang dari dua jurusan yakni ANT IV sebanyak 60 orang dan ATTIV sebanyak 49 orang berlangsung semarak. Selain karena dihadiri langsung Kepala pusat pengembangan sumber daya manusia perhubungan laut Capt.

Arifin Soenardjo, MHum bersama Wali Kota Palopo, HM Judas Amir serta Unsur Muspida, Kapolres Palopo, AKBP Taswin, SIK, Dandim 1403 SWG, Letkol (Kav) Cecep Sutendi, Ketua DPRD Palopo, Harizal A Letief serta tamu dan undangan lainnya, pada kegiatan ini juga diserahkan secara simbolis bantuan Program Kartu Indonesia Pintar kepada taruna dengan nominal per kartu Rp1 juta.

Pada Kesempatan itu, Kepala pusat pengembangan sumber daya manusia perhubungan laut Capt Arifin Soenardjo, MHum yang hadir menjadi inspektur upacara mengatakan perkembangan Sekolah pelayaran di Kota Palopo luar biasa. Terlebih pada kehdairan SMK pelayaran SNU yang menjadi pionir dengan ribuan alumni yang tersebar dalam dunia kerja. “Luar biasa SMK Pelayaran disini, jika bisa Pak Wali Kota memberikan perhatian besar,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Palopo, HM Judas Amir dalam sambutan singkatnya mengaku bangga terhadap Pembina Yayasan, Rustam Lalong. Terkait kiprahnya memajukan dunia pendidikan di Kota Palopo. Ia menyampaikan hal yang sama seperti tahun lalu yakni harapan kehadiraan sosok seperti Rustam Lalong lainnya. “Saya harap akan lahir lagi rustam lalong, rustam lalong, rustam lalong di Kota Palopo,” ucapnya tiga kali disambut aplaus.(ald/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top