Menkes: UKS harus Mengkampanyekan PHBS di Sekolah – Palopo Pos
Kesehatan

Menkes: UKS harus Mengkampanyekan PHBS di Sekolah

Menteri Kesehatan RI Prof Nila F Moeloek saat sesi dialog dalam acara lomba sekolah sehat 2017 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta. IDRIS PRASETIAWAN/FAJAR.CO.ID

JAKARTA — Empat kementerian yakni, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pemberian penghargaan sekolah sehat 2017 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

Hadir pada acara tersebut Menteri Kesehatan RI Prof Nila Djuwita F Moeloek. Menkes pada kesempatan tersebut juga melakukan tanya jawab dengan sejumlah perwakilan sekolah yang hadir.

Sebelumnya diawali dengan arahan dari Menkes. Dalam arahannya, Menkes Nila menekankan untuk mengubah suatu negara hendaknya dimulai dari karakter masyarakatnya. Seperti harus mulai menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dan peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sangat penting sekali, dan harus mulai dikembalikan fungsinya untuk mengkampanyekan PHBS dilingkungan sekolah.

“Mulai dari guru sebagai orang tua kedua mengajarkan yang baik kepada siswanya,” ucap Menkes di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Jumat 18 Agustus 2017.

Dengan adanya pemberian penghargaan bagi sekolah sehat ini, lanjut Menkes, bukan hanya mencari juara tetapi bagaimana merubah perilaku dari siswa yang sehat dan bersih.

Pada lomba sekolah sehat tingkat nasional kategori sekolah dengan kinerja terbaik (best performance) diraih SMA Negeri 1 Palembang, dan SD Mutiara Bunda yang teletak Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, menjadi yang terbaik di Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional. (idr/fmc)

Click to comment

Most Popular

To Top