Pers Itu Saudara Kembar Humas – Palopo Pos
FEMALE

Pers Itu Saudara Kembar Humas

* Eka Sukmawaty, S.STP, MM Kabag Humas Palopo

UNTUK bisa maju, tak ada kata tidak. Semuanya dimulai dengan belajar. Setiap kali gagal, anggap itu adalah keberhasilan yang tertunda. Selalu perbanyak zikir dan fikir. Demikian kalimat yang terucap dari female kita minggu ini.

IA sangat ramah. Ini yang terlihat saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin. Dia adalah Eka Sukmawaty, S.STP, MM. Baru-baru ini, Wali Kota Judas Amir, mempercayakan alumni STPDN Jatinangor Bandung tahun 2001 sebagai kabag humas. Tidak heran kalau dirinya langsung akrab dengan para wartawan yang berposko di balaikota.

Mengawali perbincangan dengan Palopo Pos, ia tidak menyangka akan diberi amanah sebagai kabag Humas Pemkot Palopo. Ke depan, ia dan jajarannya akan banyak berhubungan dengan media. Karena humas menjadi corong informasi Pemkot kepada publik.

“Yang pastinya pers itu bagi kami adalah saudara kembar. Kerja-kerja kami juga agak mirip. Ada TV-nya dan beberapa item media lainnya, tentunya juga ditambah dengan pekerjaan pemerintahan lainnya,” sebut ibu tiga anak hasil perkawinannya dengan Rahmat Arifuddin, kabag ekonomi setda Luwu. Tiga anaknya, yakni Tenri Dio, Muhammad Raka, dan Muhammad Kahfi.

BACA JUGA:  Penuh Tantangan, Jinakkan Kobaran Api

Dikatakannya, saat ini dari waktu ke waktu tanggung jawab dan fungsi kehumasan memang semakin menghadapi tantangan untuk terus meningkatkan kinerja untuk lebih profesional.

Yang menjadi perhatian bahwa saat ini digitalisasi menuntut semua praktik Publik Relation siap untuk menghadapi teknologi informasi yang membuat arus informasi di masyarakat makin tak terbendung.

Yang menginginkan keterbukaan dan transparansi penyelengaraan pemerintah. ”Di sinilah peran kehumasan bagaimana memberikan informasi sesuai tuntutan masyarakat,” ucap female kelahiran Makassar 9 Agustus 1978.

Salah satunya, lanjut mantan lurah ini, dengan menyajikan informasi alternatif bagi publik yang dibutuhkan guna mengimbangi berbagai isu dan opini publik yang berkembang cepat melalui media massa. Sehingga, masyarakat bisa menilai secara berimbang akan kiprah pemerintah dalam pembangunan.

“Seperti media milik pemerintah, Ratona TV dan lainnya,” ujarnya.
Mengenai suka dan duka menjadi seorang kabag Humas, lembaga yang bekerjasama dengan pers menangani kanal informasi dari Pemkot, diungkapkannya, untuk dukanya, hingga saat ini dirinya belum merasakan, tapi sukanya adalah kesyukuran bisa berteman baik dengan insan pers. “Yang namanya pers itu kan punya power tersendiri, orang bisa besar itu karena pers, dan orang jatuh itu juga karena Pers,” ungkap Eka yang S2 Magister Manajemen diselesaikan di UMI Makassar.

BACA JUGA:  Tinggalkan Profesi Demi Dampingi Suami

Sebagai sosok inspirasi bagi para pemudi saat ini, diminta nasihatnya bagi anak-anak muda yang saat ini tengah mengejar cita-cita.
Dikatakannya, untuk bisa maju, tidak ada kata tidak. Semuanya dimulai dengan belajar. Setiap kali gagal, anggap itu adalah keberhasilan yang tertunda, selalu perbanyak zikir dan fikir. “Tapi kalau saya sejak SMA sudah lakukan yang namanya puasa Senin dan Kamis. Bahkan waktu kuliah di IPDN, itu juga saya terapkan. Alhamdulillah hingga hari ini masih bisa dilaksanakan,” ungkapnya.(ich/ary)

 

Biodata Biodata 
Nama : Eka Sukmawaty, S.STP, MM
Ttl : Makassar, 9 Agustus 1978
Pendidikan : – SDN IKIP Makassar tahun 1990

– SMPN 2 Makassar tahun 1993  – SMAN 2 Makassar tahun 1996

– STPDN Jatinangor Bandung tahun 2001

– Magister Manajemen UMI Makassar
Pekerjaan : Kabag Humas Pemkot Palopo
Suami : Rahmat Arifuddin, S.Sos, M.Si (Kabag Ekonomi Setdsa Luwu)
Anak : – Tenri Dio  – Muhammad Raka   – Muhammad Kahfi

Click to comment

Most Popular

To Top