SMKN 3 Pelayaran Selenggarakan Ujian Keahlian Pelaut – Palopo Pos
Pendidikan

SMKN 3 Pelayaran Selenggarakan Ujian Keahlian Pelaut

PALOPO–Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Pelayaran Palopo berhak mengikuti Ujian Pelaut bekerjasama dengan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkapel) Kementerian Perhubungan bersama.

Kepala SMKN 3 Palopo, Ridwan, ST, M.Si kepada Palopo Pos mengungkapkan bahwa untuk beberapa sekolah Pelayaran di Indonesia pada tahun tahun sebelumya, masih diberi kesempatan mengikuti Ujian Pelaut.

Namun untuk tahun 2017 sekolah tersebut tidak bisa lagi mengikuti Ujian pelaut karena tidak mendapat izin mengikuti Ujian Pelaut dari Ditkapel Kemenhub Jakarta.

“Untuk Wilayah Indonesia Timur sendiri hanya ada empat SMK, masing-masing di Balikpapan dan Samarinda, dua di Sulawesi Selatan yakni SMK Negeri 3 Pelayaran Palopo dan SMK Pelayaran Katangka Makassar,” sebutnya.

“Kami bersyukur karena khusus untuk Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan hanya ada dua SMK Pelayaran yang mendapatkan Izin untuk mengikuti Ujian Keahlian Pelaut pada Tahun 2017 yaitu SMK Negeri 3 Palopo di Palopo dan SMK Pelayaran Katangka di Makassar,” sebut Ridwan.

“Banyak SMK Pelayaran yang mengharap untuk mendapatkan kesempatan ini tetapi belum bisa karena belum memenuhi persyaratan dari International Maritime Organisation (IMO) sesuai STCW 1978 Amandemen 2010 di Manila,” ungkapnya.

“Hal tersebut tertuang pada surat dari Kepala Badan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut No. SM.106/3/17/PPSDML-2016 yang ditandatangani oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut Capt. Arifin Soenardjo, M.Hum di Jakarta,” ujar Ridwan

“Yang mana memuat 57 sekolah atau lembaga Diklat SMK Pelayaran di Indonesia yang diberikan Izin untuk mengikuti Ujian Keahlian Pelaut Tingkat ANT-IV/ATT-IV Tahun 2017,” tandasnya. (ich)

Click to comment

Most Popular

To Top