Tim Penilai Kunjungi PKM Wara Barat – Palopo Pos
Kesehatan

Tim Penilai Kunjungi PKM Wara Barat

PALOPO–Tim penilai lomba Puskesmas berprestasi tingkat Sulawesi selatan, melakukan kunjungan di Puskesmas Wara barat, Rabu, 23 Agustus 2017 kemarin.

Kunjungan tim penilai tersebut disambut Inspektur Inspektorat kota palopo, H. Samil Ilyas, yang mewakili Walikota Palopo HM Judas Amir didampingi Kadis kesehatan palopo, Ishak Iskandar , kepala Puskesmas Wara barat Dr bidasari Jamil serta camat Wara barat.

Samil Ilyas dalam sambutannya menyampaikan bahwa Setiap ajang lomba yang digelar sebenarnya adalah ausaha untuk mengukur sejauh mana stake holders terkait telah melaksanakan tugasnya.

Dan sehubungan dengan penilaian lomba Puskesmas yang dilaksanakan pada hari ini tentu yang akan diukur kinerjanya adalah jajaran dinas kesehatan. Terkhusus Puskesmas Wara Barat Sendiri.

Lanjutnya, terkait penilaian lomba puskesmas jaran Dinas Kesehatan dalam hal Puskesmas kota palopo telah melakukan pembinaan bukan hanya karena keikutsertaan lomba , karena pembinaan dan pembangunan kesehatan yang dilaksanakan disadari sebagai tugas dan kewajiban yang harus ditunaikan sebagaimana yang diam angka dalam konstitusi kita.

“Ajang lomba hanya menjadi salah satu media untuk memacu semangat bekerja sekaligus sebagai tolak ukur kinerja puakesmas dalam memberikan pelayanan yang lebih optimal selama ini” ungkap Samil Ilyas.

Samil menambahkan Salah satu cara untuk memacu peningkatan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah dengan melakukan berbagai terobosan, dan salah satu diantarnya adalah memberikan penghargaan kepada Puskesmas atau penyedia layanan kesehatan lainnya yang di anggap mapan dan berprestasi.

“ diupayakan kepada setiap puskesmas dalam wilayah Kotab Palopo, peningkatan kinerja dan terobosan serta inovasi dalam melaksanakan tugas bukan hanya pada saat dilakukab penilaian atau mwngikuti lomna.
Dan ketika dianggap baik hendaknya dijadikan budaya dalam pelaksanaan tugas sehari hari,” ungkap samil
Sementara itu, Ketua tim penilai lomba Puskesmas berprestasi Sulsel, Dr. Ribut Pancha Rochana, yang juga Kepala seksi Primer dinas Kesehatan Propinsi Sulsel menyampaikan bahwa Akreditasi bukan ukuran prestasi tapi memang merupakan kewajiban petugas sehari-hari dalam memberikan pelayanan, yang didukung stake holder pada setiap daerah.

“ Akreditasi adalah ukuran standar maksimal bagi pelayanan di Puskesmas, namun sebuab kewajiban yang harus dan wajib dijalankan” ungkap Panca.

Lanjutnya dalam lomba ini, ada beberapa kriteria penilaian diantaranya mampu memberikan kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan tepat sesuai sasaran.Dan terkait lomba hal tersebut diselenggarakan guna memberikan apresiasi dan pengakuan atas kinerja Puskesmas karena turut serta membantu mewujudkan program pembangunan dalam bidang kesehatan.

“ tentunya kita semua berharap Puskesmas Wara Barat bisa mendapatan nilai baik dan bisa mewakili daerah ke tingkat lomba yang lebih tinggi.” Tandasnya. (ich)

Click to comment

Most Popular

To Top