Aparat Desa Jangan Gaptek – Palopo Pos
Luwu Utara

Aparat Desa Jangan Gaptek

-Pesan Sekkab pada Pelatihan Penyusunan Profil Desa

MASAMBA — Pesatnya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) saat ini, menuntut masyarakat untuk melek akan teknologi.

Hal tersebut ditekankan Sekkab Luwu Utara, Abdul Mahfud dalam sambutannya saat membuka pelatihan penyusunan dan pendayagunaan data profil desa se Kabupaten Luwu Utara, Senin 28 Agustus 2017 siang.

”Aparatur desa harus melek teknologi, jangan gaptek. Apalagi di era teknologi seperti sekarang ini, percepatan informasi merupakan hal yang penting. Dengan perkembangan IPTEK desa dituntut untuk menyajikan laporan pendataan secara online,” terang Mahfud di hadapan peserta pelatihan.

Mahfud juga menambahkan, Luwu Utara di tahun 2018 akan menerapkan sistem IT untuk memantau kinerja dan perkembangan pemerintahan.
“Pemberian informasi berbasis teknologi sejalan dengan program smart city dan smart village yang dilakukan Pemkab,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Luwu Utara, Misbah dalam sambutannya mengatakan jika pelatihan profil desa dimaksudkan untuk meningkatkan validitas dan ketersediaan data di tingkat desa.
“Kegiatan ini untuk mempercepat implementasi penyusunan profil desa berbasis teknologi informasi yang relevan dan meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Seru, Lomba Balap Sepeda di Atas Air

Profil desa dan kelurahan adalah gambaran menyeluruh tentang karakter desa yang meliputi data dasar keluarga, potensi SDA, SDM, kelembagaan, sarana prasarana serta perkembangan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan.
Direktorat jenderal pemberdayaan masyarakat dan desa nantinya akan menyediakan sistem informasi profil desa dan kelurahan (PRODESKEL PMD) yang merupakan sistem informasi (aplikasi) berbasis web (online).

Sebanyak 30 peserta pelatihan angkatan pertama yang berasal dari 9 kecamatan, akan dilatih sebagai operator profil desa selama 3 hari. (jun/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top