Perlindungan Lahan Pangan Didukung Perda – Palopo Pos
Luwu Utara

Perlindungan Lahan Pangan Didukung Perda

MASAMBA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara punya komitmen melindungi lahan pangan di kabupaten penghasil beras ini guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

“Perlindungan lahan pangan berkelanjutan guna mendukung program ketahanan pangan nasional,” sebut Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat menerima Tim Pemantau Proyek Startegis Nasional Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), di Masamba, belum lama ini.

Ia mengatakan, komitmen ini telah didukung oleh Peraturan Daerah (Perda) tentang perlindungan lahan pangan berkelanjutan.

Komitmen pemerintah daerah tersebut merupakan salah satu langkah untuk melindungi lahan pertanian dan pangan agar tidak beralihfungsi.

“Selain itu kami juga mencoba menjaga semua infrastruktur pertanian agar dapat berfungsi sesuai dengan tujuan pembangunannya,” ujar Indah.

Sehingga dengan demikian, lanjut dia, pembangunan itu tidak hanya menyentuh fisik semata tetapi juga dapat membawa mamfaat bagi petani agar lebih sejahtera.

Indah meyakini dukungan pembangunan dan penyediaan irigasi teknis menjadi salah satu faktor para petani tidak mengalihfungsikan lahan pertaniannya.

BACA JUGA:  Dinsos Bantu Anak Terlantar

“Sebagai contoh di Kecamatan Bonebone yang telah didukung oleh irigasi teknis,lahan pertaniannya bertambah,” jelasnya.

Diketahui, saat ini di Luwu Utara terdapat beberapa sungai besar yang dapat dimanfaatkan sebagai pengairan bagi lahan pertanian yang ada.

Di antara sungai tersebut yakni Sungai Rongkong dan Sungai Baliase. (mah/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top