Car Free Day, Dinkes Siapkan Alat Deteksi PTM – Palopo Pos
Kesehatan

Car Free Day, Dinkes Siapkan Alat Deteksi PTM

PALOPO–Penyakit tidak menular (PTM) menjadi salah satu pembunuh manusia tertinggi di Indonesia. Hal tersebut terjadi akibat tidak adanya deteksi secara dini oleh penderita yang merasa tidak sakit, namun nyatanya telah bersarang penyakit yang berbahaya dalam tubuh, seperti Jantung, Stroke dan lainnya.

Melihat hal tersebut, sebagai antisipasi PTM secara tiba-tiba menyerang mengakibatkan kematian. Dinkes Palopo menyiapkan alat deteksi PTM di acara Care Free Day setiap pekan. Demikian diungkapkan petugas Dinkes Palopo kepada Palopo Pos, Embo Paluga, SKM, kepada Palopo Pos baru-baru ini.

Dikatakan Embo, dengan dasar tersebut dan melihat pengunjung Car Free Day (CFD) yang ribuan orang, Dinkes Palopo bekerjasama dengan PKK Kota Palopo berinisiatif mendirikan posko deteksi PTM di acara CFD. Dengan menyiapkan beberapa alat, seperti alat ukur denyut jantung, lemak tubuh, lingkar perut, pengukuran tekanan darah, dan jika dilakukan tes, masyarakat yang berada diluar batas normal maka besar kemungkinan terkena serangan jantung, stroke yang bisa berakibat fatal.

” nah dengan deteksi dini, ketika mendapati diri diluar ambang batas normal seperti tekanan darahnya tinggi, kemudian lemak yang dijantung tinggi, dan obesitas, yang menandakan rawan kena serangan jantung dan stroke, maka perlu diambil tindakan secepatnya, untuk pengobatan,” sebutnya.

Untuk CFD kali ini ketika melakukan tes terhadap masyarakat, menghasilkan data yaitu, ada 22 orang yang melakukan pengecekan,” enam orang beresiko jantung, tujuh orang dengan tekanan darah diatas normal, ada yang sampai 160, lima orang yang memiliki lemak jantung yang berlebih, dan selain itu sekitar 9 orang yang mengalami obesitas,” tambahnya. (ich)

Click to comment

Most Popular

To Top