Dewan Adat Sebut Cakka Banyak Memperhatikan Orang Toraja – Palopo Pos
Toraja

Dewan Adat Sebut Cakka Banyak Memperhatikan Orang Toraja

RANTEPAO – Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, mendapat apresiasi khusus di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Toraja Utara ke 9, Rabu (30/8/2017). Saat dewan adat memberikan kata pengantar dalam prosesi pemberian gelar untuk Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, nama Cakka (sapaan akrab Mudzakkar) juga disebut sebagai figur yang banyak memperhatikan orang Toraja.

“Terima kasih secara khusus juga terhadap Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, atas perhatiannya selama ini pada orang-orang Toraja yang ada di Luwu,” kata salah satu anggota dewan adat, Tilang Tandirering atau Puang Barumbun saat memandu pengantar pemberian gelar dari Dewan Adat Toraja, untuk Gubernur Sulsel.

Saat menyampaikan itu, ikut berdiri di samping Puang Barumbun Ketua Kehormatan Dewan Adat Toraja, Sarungngallo. “Sebagai manusia yang dalam ilmu budaya Toraja, diharuskan untuk mengakui keunggulan dan kelemahan orang. Kalau di Toraja disebut Tau Tongan.

Menurutnya Orang Toraja memiliki banyak “hutang” pada Cakka. “Dari semua bupati, kami betul-betul simpati atas perlakuan Bupati Luwu pada orang Toraja. Taro ada taro gau, itulah yang selama ini beliau praktekkan. Cakka ini memegang teguh kata-katanya,” ungkapnya.

Bupati Luwu, menurutnya, memang punya hubungan emosional dengan orang Toraja. “Mudah-mudahan langka beliau mulus,” pungkasnya merujuk pencalonan Cakka sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur Sulsel mendampingi Ichsan Yasin Limpo.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, juga menyapa khusus Andi Mudzakkar saat mengawali sambutannya. Di tengah-tengah sambutan, ia sekaligus memastikan bahwa Sulsel kedepan akan dipimpin gubernur dan wakil gubernur yang akan tetap memperhatikan Toraja.

Ungkapan itu dilontarkan Syahrul sambil berbalik ke arah Cakka. Syahrul juga sempat menyebut nama Ichsan Yasin Limpo dalam sambutannya yang sambut pekikan warga dan tamu yang hadir. “Disini juga hadir beberapa bupati, ada Bupati Gowa (Adnan Purichta Ichsan) yang juga mungkin sekaligus mewakili Ichsan Yasin Limpo,” kata Syahrul. (*)

Click to comment

Most Popular

To Top