Kompaknya Cakka dan Bupati Toraja di HUT Torut – Palopo Pos
Toraja

Kompaknya Cakka dan Bupati Toraja di HUT Torut

TORAJA UTARA – Bakal Calon Wakil Gubernur Sulsel, Andi Mudzakkar, memenuhi undangan Pemkab Toraja Utara untuk menghadiri HUT Toraja Utara ke-9, Rabu (30/8/2017).

Cakka, sapaan akrab Andi Mudzakkar, hadir kapasitasnya sebagai Bupati Luwu dua periode ini. Ia duduk di deretan kursi para tetamu VIP, berdampingan dengan Bupati Toraja Nicodemus Biringkanae, dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Kehadiran Cakka di Toraja Utara, seakan memberi pesan pluralisme yang dipegang teguh bupati tanpa sekat dengan masyarakatnya itu. Pasangan Ichsan Yasin Limpo ini tampak serius mengikuti semua rangkaian acara.

Sesekali, ia juga terlibat diskusi dengan tetamu lain yang ada di sampingnya, terutama Bupati Tana Toraja dan Bupati Gowa, sambil menghadap ke kamera setiap ada fotografer yang ingin mengabadikan gambarnya.

Berdasarkan pantauan, hanya tiga bupati ini yang hadir, selain Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan. Bupati lainnya, menurut informasi yang dihimpun, hanya mengirimkan perwakilan saja.

Rencananya, Cakka besok juga akan menghadiri perayaan HUT Kabupaten Tana Toraja. “Jika tak ada halangan, saya besok juga hadiri undangan ke Toraja,” singkat Cakka.

Hingga berita ini diturunkan, rangkaian acara HUT Toraja Utara masih berlangsung. Selain itu juga terlihat Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL), pendiri Partai Perindo sekaligus CEO MNC Group Hary Tanoesudibyo dan Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie. SYL dan Hary Tanoe menggunakan pakaian adat Toraja dengan warna yang berbeda. SYL menggunakan baju berwarna merah terang, sedangkan Hary Tanoe menggunakan baju putih.

Sementara itu, Ichsan Yasin Limpo yang dikenal memiliki kedekatan emosional dengan Bupati Toraja Utara beserta warga di kabupaten tujuan pariwisata itu, berhalangan hadir. Mengingat, Ketua PMI Sulsel ini, baru tiba di tanah air, Rabu (30/08/17), setelah melakukan penelitian selama tujuh hari di Jepang dan Korea.

Meski demikian, IYL yang diberbagai kesempatan selalu mendapat pujian dari warga Toraja, mengirimkan ucapan HUT Tana Toraja Utara, sekaligus permintaan maaf tidak bisa hadir untuk kali ini. (Rls)

Click to comment

Most Popular

To Top