Selain di Torut, Cakka juga Bakal Hadiri HUT Toraja – Palopo Pos
Toraja

Selain di Torut, Cakka juga Bakal Hadiri HUT Toraja

RANTEPAO– Perhatian pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) ke warga Tana Toraja (Tator) memang begitu besar. Salah satu buktinya, duet ini meluangkan waktu menghadiri puncak Hari Ulang Tahun (HUT) di dua kabupaten tujuan pariwisata itu.

Selain HUT Toraja Utara yang digelar, Rabu (30/08/17), Cakka yang juga Bupati Luwu dua periode bakal menghadiri HUT Toraja yang puncaknya dilangsungkan di Makale, Kamis (31/08/17) besok.

“Besok saya akan hadiri juga HUT Tana Toraja,” kata Cakka kepada wartawan di sela-sela perayaan HUT Toraja Utara, Rabu (30/08/17) siang.

Cakka yang meraih gelar magisternya di UKIP Paulus, Makassar, selama ini memang punya hubungan baik dengan warga di Toraja. Tak heran, Cakka yang juga pentolan FKPPI Luwu, kadang menggunakan bahasa Toraja saat berinteraksi dengan warga.

Di samping itu, diberbagai kesempatan, Cakka juga selalu menghadiri berbagai kegiatan yang digelar di Toraja. Seperti belum lama ini, turut menyaksikan pelantikan Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan sebagai Ketua PMI Torut.

Tak hanya itu, Cakka yang saat ini kasih tercatat sebagai Ketua PMI Luwu memiliki kedekatan dengan sejumlah tokoh asal Toraja. Seperti mantan Kapolda Sulselbar, Irjen (purn) Mathius Salempang.

Tak heran dewan adat Toraja, ikut memuji sekaligus menyampaikan terima kasih khusus ke Cakka saat memberikan kata pengantar dalam prosesi pemberian gelar untuk Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.

“Terima kasih secara khusus juga terhadap Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, atas perhatiannya selama ini pada orang-orang Toraja yang ada di Luwu,” kata salah satu anggota dewan adat, Tilang Tandirering atau Puang Barumbun saat memandu pengantar pemberian gelar dari Dewan Adat Toraja, untuk Gubernur Sulsel.

Saat menyampaikan itu, ikut berdiri di samping Puang Barumbun Ketua Kehormatan Dewan Adat Toraja, Sarungngallo. “Sebagai manusia yang dalam ilmu budaya Toraja, diharuskan untuk mengakui keunggulan dan kelemahan orang. Kalau di Toraja disebut Tau Tongan.

Menurutnya Orang Toraja memiliki banyak “hutang” pada Cakka. “Dari semua bupati, kami betul-betul simpati atas perlakuan Bupati Luwu pada orang Toraja. Taro ada taro gau, itulah yang selama ini beliau praktekkan. Cakka ini memegang teguh kata-katanya,” ungkapnya. (*)

Click to comment

Most Popular

To Top