Korban Longsor Maliwowo dapat Bantuan Rumah – Palopo Pos
Luwu Timur

Korban Longsor Maliwowo dapat Bantuan Rumah

MALILI — Sebanyak 16 Kepala Keluarga (KK) korban longsor di Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Timur akan mendapatkan bantuan pembangunan rumah.

Kepala Desa Maliwowo, Hasdar kepada Palopo Pos, Jumat 8 September 2017 mengatakan, bantuan pembangunan rumah untuk korban longsor sudah dalam proses oleh Pemkab Luwu Timur.

“Kalau bantuan untuk rumah itu sudah dalam proses. Hanya bantuan dana untuk korban yang terkumpul belum disalurkan. Kami minta bisa langsung diberikan sepenuhnya kepada pihak korban,” jelas Hasdar.
Menurut Hasdar, sebelum rumah selesai dibangun dananya langsung diberikan kepada korban longsor.

”Dan saya harap juga jangan diberi sedikit-sedikit harusnya diberikan sepenuhnya agar langsung dibelanjakan untuk keperluan rumah tangga mereka,” jelasnya.

Selain itu, pihak Pemerintah Desa Maliwowo juga mendesak BPBD agar pembangunan rumah secepatnya bisa terselesaikan pada bulan November mendatang.

“Masa tanggap pemulihan ini 6 bulan dari tanggap darurat dan saat ini juga saya mendesak pihak BPBD agar kiranya pada bulan November nanti harus bisa selesai pembangunan rumah,” ungkapnya.

Sementara itu, Andisal yang salah satu korban longsor yang anggota keluarganya meninggal dunia ini mengaku masih menuggu pencairan dana agar bantuan rumah tersebut bisa secepatnya terbangun.
“Bagaimana kita mau bangun rumah, sedangkan dana bantuan belum juga cair,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala BPBD Luwu Timur, Zabur yang dikonfirmasi mengatakan bahwa pada tanggal 15 September mendatang pihak BPBD dan Pemerintah Desa Maliwowo akan melakukan Rapat Koordinasi soal bantaun korban Longsor “Jumlah dana bantuan belum bisa diketahui karena pada tanggal 15 nanti, BPBD bersama pihak Desa akan melakukan rekon untuk merangkum keseluruhan jumlah dana yang masuk,” jelas Zabur.

Zabur juga mengatakan bahwa melalui rapat nanti bisa diketahui dari jumlah yang disalurkan berapa dan berapa jumlah yang belum tersalurkan.
“Kan sudah ada yang tersalur di korban, dan ada juga pada bulan lalu yang masih jalan sumbangan dari donasi, nantinya akan dihitung semua,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam bantuan pembangunan rumah di 16 kk korban longsor Maliwowo itu ada 3 konsep perencanaan.
“Yang pertama bantuan dari para donasi akan disalurkan pada tanggal 15, kedua bantuan sosial perorangan akan ditransfer ke masing-masing rekening penerima bantuan yang dimana ini melalui pemkab dan ketiga relokasi rumah tinggal, tetapi mereka sendiri yang punya tanah karena kita tidak punya modal untuk belanja tanah,” ungkapnya.(krm/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top