Program PTSL 350 Bidang Rampung – Palopo Pos
Luwu Timur

Program PTSL 350 Bidang Rampung

MALILI — Program sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2017 gelombang pertama di Desa Sumber Alam, Kecamatan Tomoni Timur, Kabupaten Luwu Timur, sebanyak 350 bidang dinyatakan selesai.

Hal ini dibuktikan penyerahan sertifikat kepada penerima manfaat sebanyak 45 bidang. Sisanya, masih menunggu arahan Kanwil ATR/BPN Sulsel.

Penyerahan tersebut dipimpin langsung Kepala ATR/BPN Luwu Timur, Suhartono dan dihadiri Lutfi Andi Mutty anggota DPR RI, Camat Wotu, Kades Sumber Alam dan masyarakat penerima manfaat di aula kantor Camat Wotu, Jumat 8 September 2017.

Usai penyerahan, Suhartono selaku Kepala ATR/BPN Luwu Timur mengatakan, kita berikan pemahaman ke masyarakat terkait program ini. Karena, program PTSL hampir sama dengan program sertifikat prona.

Dijelaskannya, prona itu secara parsial sementara keuntungan PTSL secara menyeluruh satu desa, sehingga tercipta desa yang lengkap.
Masyarakat jangan salah paham bahwa, program prona itu secara gratis begitu pula program PTSL, namun perlu diketahui bahwa kegiatan ini berasal dari APBN yang bersumber hasil pajak rakyat.

BACA JUGA:  SSB Malili Siap Tarung di Kejuaraan Malang Cup

Tentunya dalam pelaksanaan ini, kata Suhartono, ada hak dan kewajiban di PTSL yakni dimulai pendaftaran sampai permohonan dan perlu di ketahui, di permohonan itu ada materei satu atau dua bahkan lebih.

Menurutnya, materai ini tidak dibiayai oleh negara tetapi menjadi kewajiban bagi pemohon.
“Ini bukan biaya tetapi beban kewajiban pemohon, begitu pula dengan pemasangan patok,” paparnya.
“Hal ini lah yang diberikan pemahan kepada masyarakat agar tidak berasumsi mengarah pada hal-hal yang negatif,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk program PTSL tahun ini pada gelombang kedua sebanyak 3000 bidang yang berobjek pada dua desa di Kecamatan Towuti yakni, Desa Mahalona dan Desa Tole yang saat ini masih dalam tahap proses perampungan.
”Kami optimis program ini selesai di tahun ini,” kuncinya. (mg10/rhm/d)

Click to comment

Most Popular

To Top