Camat Malbar Dorong Inovasi Desa – Palopo Pos
Luwu Utara

Camat Malbar Dorong Inovasi Desa

MALBAR — Musyawarah Desa (Musdes) untuk penyusunan RKP Des 2018 digelar oleh BPD Pao dan Kalitata, di Aula kantor Pao dan Kalitata, Kecamatan Malangke Barat (Malbar) dengan melibat seluruh unsur masyarakat desa setempat, Senin 11 September 2017.

Mudes ini dihadiri langsung oleh Camat Malbar, Sulpiadi dan Kasi Pemerintahan dan Sekcam bersama Kasi PMD di Desa, Kalitata Pendamping Desa, PLD Kades Setempat, BPD, Kadus, RT, tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, tokoh agama, dan para ibu PKK.

Dalam kesempatan tersebut Camat mengajak semua unsur yang terkait saling bersinegi untuk membangun desa dan usulan pihak pihak terkait nanti agar mendahulukan yang paling diperlukan masyarakat (prioritas) olehnya itu kita harus menjaga apa yang telah dibangun oleh pemerintah desa melalui Dana Desa dan ADD, karena kedepannya kita belum tahu apakah ada nantinya dana dari pusat.

Sebab, jika pemimpin kita berganti kebijakan bisa saja berubah. Oleh karena itu mari kita sama-sama menjaganya.
”Disamping itu adalah usulan tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur, tetapi diarahkan pada pembinaan dan pemberdayaan serta melahirkan program inovasi desa dan penguatan BUMdes,” jelas Sulpiadi.

Ketua BPD Desa Pao, Hasan mengungkapkan, pelaksanaan Musdes bertujuan untuk menjadi dasar pijakan melaksanakan pembangunan desa, melalui Musdes ini masyarakat bisa memberikan usulan sehingga mendapat kesepakatan dalam menentukan prioritas dalam melakukan pembangunan desa melalui DD dan ADD.

”Untuk tahun 2018 nanti, Insha Allah kita akan adakan pemerataan pembangunan didesa Pao, jadi kita harus dahulukan apa yang prioritas,” sebut Hasan.

Selanjutnya, Sekdes Pao, Makkawaru mengajak semua masyarakat mari sama-sama menjaga apa yang telah dibangun dan semua itu adalah untuk kepentingan kita bersama.

Agar apa yang telah dibangun bisa bertahan lama serta juga menegaskan agar setiap perwakilan masyarakat desa yang hadir pada Musdes mengerti soal kebutuhan masyarakat, sehingga setiap usulan yang disampaikan merupakan prioritas pembangunan tahun 2018. (mah/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top