Legislator Mulai Bahas Ranperda BPD – Palopo Pos
Luwu

Legislator Mulai Bahas Ranperda BPD

BELOPA — Anggota DPRD Luwu mulai membahas rancangan peraturan daerah (Ranperda) Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Pembahasan ini sifatnya mendesak karena dalam waktu dekat pemerintah kembali akan menggelar pemilihan kepala desa serentak (Pilkades) yang akan dilaksanakan tahun ini.

“Kita mau lakukan revisi perda BPD, dan pembahasannya mau kita tuntaskan secepatnya. Karena dalam waktu dekat ada pilkades serentak. Ada perubahan, sebab ada perubahan peraturan menteri, hal ini yang jadi acuan sehingga perdanya mau kita revisi,” ujar Anggota Pansus Revisi Perda BPD, Sukma diruang komisi I kemarin.

Senada dengan itu, Anggota DPRD Luwu lainnya, Ansar Pandaka mengatakan revisi perda dilakukan sebab perda BPD yang dimiliki pemerintah daerah saat ini sudah bersusia 10 tahun. Sementara terjadi vabyak perubahan regulasi paska lahirnya UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

“Perda kita sudah lama, apalagi memang banyak perubahan aturan terkait Desa. Khususnya UU desa, tentu hal ini menjadi acuan bagi kami dalam membahas perda yang diusulkan oleh eksekutif beberapa saat lalu,” tandaa politisi Hanura itu kepada Palopo Pos kemarin.

Lebih jauh Ansar Pandaka menjelaskan jika salah satu rujukan pembahasan perda itu, yakni peraturan menteri dalam negeri tahun 110 tahun 2016 tentang badan permusyawaratan desa. “Hal inilah yang menjadi dasar pembahasan APBD,” tandas politisi Hanura itu. (fan/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top