Pedagang Wajib Cantumkan Informasi pada Kemasan beras – Palopo Pos
Ekonomi

Pedagang Wajib Cantumkan Informasi pada Kemasan beras

PALOPO— Dinas Perdagangan Kota Palopo kedepan bakal mewajibkan pedagang beras untuk mencantumkan informasi beras pada kemasan untuk diketahui konsumen.

Menurut Kadis Perdagangan Kota Palopo, Sulkifli ST MSi kepada Palopo Pos, Senin 11 September 2017 kemarin, informasi beras pada kemasan itu akan dilakukan manakala pemberlakuan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang terbaru oleh kementerian perdagangan sudah diterapkan. “Sebenarnya per tanggal 1 September pekan lalu itu sudah diberlakukan, namun ada dispensasi yang diberikan kepada pedagang untuk menghabiskan stok beras mereka selama dua pekan,” kata Sulkifli di kantornya.

Ia melanjutkan, apabila surat edaran dari kementerian itu sudah ada maka wajib dilakukan oleh para pedagang tersebut. “Untuk melaksanakan itu kami sisa menunggu edaran dan semua pedagang beras tentu mengikutinya,” ucapnya.

Hal itu dinilai penting untuk diketahui konsumen. “Supaya kami dan konsumen tahu beras apa dan kandungan seperti apa, selain itu untuk mendukung HET terbaru oleh kementerian yang telah diberlakukan dalam waktu dekat ini,” katanya.

Selain hal itu langkah pemerintah mengajukan perubahan Standar Nasional Indonesia (SNI) beras kepada Badan Standariasi Nasional. Dimana terdapat perbuahan klasifikasi yang tengah diundangkan kementerian pertanian. Seperti yang akan menjadi standar pada SNI itu misalnya beras medium dan premium harus memiliki kriteria derajat sosoh minimal 95 persen dan kadar air maksimal 14 persen. Adanya informasi pada kemasan ini menurut sulkifli supaya memudahkan mengetahui jenis beras yang dipasarkan, dan lebih mudah pihaknya melakukan inspeksi nantinya.

Pihaknya mengungkapkan akan melakukan penertiban apabila setiap penjualan beras tidak mencantumkan informasi beras pada kemasan. “Tentunya dengan langkah persuasif yang akan kami lakukan. dan pasti masih ada pedagang yang tidak mencantumkan itu, dan kami akan lebih persuasif hingga mereka faham,” ucapnya. (ald/ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top