64 Wirausaha Pemula Eksis – Palopo Pos
Ekonomi

64 Wirausaha Pemula Eksis

* Lagi, Diskop-UKM Usul 66 Kelompok untuk dapat Bantuan Pemprov

PALOPO— Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palopo kembali mempersiapkan 66 wirausaha pemula atau pengusaha pemula untuk kembali dilatih dan mendapatkan bantuan pada program kerjasama Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel. Dimana sebanyak 64 telah berhasil dibina dan mengembangkan usaha mereka.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palopo, Karno, SSos saat kegiatan Monitoring dan Evaluasi wirausaha pemula pasca diklat di Hotel Mulia Indah, Selasa 12 September 2017 oleh Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel. “Untuk tahun ini ada 66 kelompok yang kami persiapkan untuk dilatih, ini sisa menunggu jadwal dari Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, rencananya bulan oktober mendatang,” kata Karno.

Karno dalam sambutannya menuturkan pembinaan pengusaha pemula di Kota Palopo yang dimulai pada 2014 lalu telah menunjukkan hasil. Dimana tercatat Angkatan 1 di tahun 2014 sebanyak 40 kelompok, Angkatan 2 tahun 2015 sebanyak 40 kelompok dan tahun 2016 sebanyak 30 kelompok sebagian besar berjalan baik dan menunjukkan perkembangan usahanya.

Ada juga beberapa yang belum menunjukkan hasil namun pihaknya mengakui tetap melakukan pembinaan dan pendampingan. Wirausaha muda ini didominasi usaha produksi makanan, minuman, ada usaha juga pupuk kompos dan sebagainya.
“Untuk tahun ini kita harap 66 kelompok yang diusul bisa terakomodir seluruhnya dan mendapatkan bantuan dari Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel,” ujarnya.

Sementara H Aziz Beddu, Kepala Balatkop Sulsel yang hadir mewakili Kepada Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel mengakui perkembangan usaha di Kota Palopo ini meningkat secara signifikan. “Pemkot Palopo terus mendorong kegiatan produktif dan bergerak menciptakan wirausaha pemula melalui berbagai program, melihat hasil sejak 3 angkatan ini Kota Palopo sungguh sungguh menciptakan wirausaha yang digerakkan oleh Dinas Koperasi,” ucapnya.

Ia melanjutkan Palopo memang harus menjadi penggerak wirausaha pemula dari 12 Kabupaten yang dibina oleh Dinas tersebut. “Jadi Kota Palopo harus memunculkan anak muda kreatif sehingga wirausahanya jauh lebih kreatif dari daerah lainnya,” katanya.

Di hadapan puluhan wirausaha muda ia menyampaikan bahwa dunia usaha saat ini dituntut untuk melek tekhnologi dengan memanfaatlan tekhnologi informasi. (ald/ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top