Beroperasi Desember 2017, PLTB Sidrap Jadi Pembangkit Listrik Tenaga Angin Terbesar di Indonesia – Palopo Pos
Ragam

Beroperasi Desember 2017, PLTB Sidrap Jadi Pembangkit Listrik Tenaga Angin Terbesar di Indonesia

SIDRAP – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan kunjungan kerja ke lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap, Rabu (13/9/2017).

Syahrul bersama rombongan datang ke lokasi PLTB dengan menggunakan helikopter. Di lokasi Syahrul disamping Bupati Sidrap H Rusdi Masse meninjau progres pembangunan PLTB Sidrap tersebut.

PLTB Sidrap bakal menjadi pembangkit listrik tenaga angin terbesar di Indonesia dengan kapasitas 70 megawatt (MW). Proyek PLTB terbesar di Indonesia ini merupakan sumber energi terbarukan ini menjadi perhatian pemerintah, karena dapat menyumbang tenaga listrik yang cukup besar.

“Proyeksi PLTB Sidrap ini adalah besar. Ini sebuah kebanggaan bagi kita sebagai warga Sulsel terutama warga Sidrap, karena ini jadi ikon baru,” ujar Syahrul saat wawancara sesaat sebelum kembali ke Makassar dengan helikopter.

Tidak hanya menjadi ikon baru di Sulsel, PLTB ini juga merupakan ikon baru di Indonesia. Dan ini juga yang membuktikan bahwa pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Sidrap memiliki perhatian dan keberpihakan pada masyarakat.

BACA JUGA:  BPS catat Indonesia tengah jor-joran impor senjata dan amunisi

Keberadaan PLTB Sidrap ini lanjut mantan Bupati Gowa dua periode ini akan memberikan dampak besar bagi pertumbuhan dan peningkatan ekonomi masyarakat di Sulsel terutama di Kabupaten Sidrap.

Dari kunjungannya melihat progres pembangunan PLTB Sidrap tersebut, tahun ini diprediksi sudah bisa beroperasi. “Saat ini sedang progress pembangunan dan loading material termasuk turbing PLTB dan mudah-mudahan Desember tahun ini sudah beroperasi,” katanya.

Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Sementara Bupati Sidrap H Rusdi Masse menilai kehadiran PLTB Sidrap nantinya tentu akan membawa dampak keuntungan yang besar terhadap masyarakat Sidrap. Selain akan menjadi ikon wisata baru keberadaan PLTB ini membuka peluang usaha baru untuk peningkatan ekonomi masyarakat lokal.

“Apalagi dari awal saat pembangunan PLTB ini direncanakan, saya sudah wanti-wanti dan ini menjadi syarat, agar tenaga kerja yang digunakan itu harus dari Sidrap. Nanti ketika tidak ada yang bisa dari Sidrap baru bisa ambil dari daerah lain,”jelas Rusdi Masse.

BACA JUGA:  Gunakan Alkes Buatan Dalam Negeri, Bisa Hemat Sampai 30 Persen Anggaran

Selain itu tenaga kerja yang ada juga diharuskan tinggal di Sidrap.” Kenapa mereka harus tinggal karena saya ingin ada sumber ekonomi baru bagi masyarakat. Soal tenaga kerja, saat ini saya liat ada beberapa dari luar karena memang mereka ahli. Dan tidak ada sumber daya yang sama di Sidrap,” ungkapnya.

Rusdi Masse sendiri berharap agar pembangunan PLTB Sidrap tersebut bisa segera rampung dan bisa dinikmati oleh masyarakat Sulsel terutama masyarakat di Bumi Nene Mallomo itu. (*)

Click to comment

Most Popular

To Top