Lawan Kolom Kosong, Kemenangan Masih Fifti-fifti – Palopo Pos
Politik

Lawan Kolom Kosong, Kemenangan Masih Fifti-fifti

PALOPO— Peluang untuk melawan kolom kosong pada pemilihan wali kota Palopo Juni 2018 mendatang, terbuka. Salah satu bakal calon wali kota Palopo, yakni petahana, Drs HM Judas Amir MH, bisa saja melenggang tanpa lawan pasangan calon, tapi hanya melawan kolom kosong.

Tanda-tanda itu mulai terlihat dengan mengalirnya dukungan dari partai politik, mulai dari Partai Nasdem, Partai Golkar, PPP, Gerindra. Juga, menyusul partai lainnya seperti Partai Demokrat, dan lainnya.

Lalu, apa tanggapan Ketua KPU Palopo soal calon yang akan bertarung melawan kolom kosong? Ketua KPU Palopo, Haedar Djidar, SH, MH, kepada Palopo Pos, Selasa, 12 September kemarin mengatakan, calon yang akan melawan kolom kosong, tetap harus berjuang untuk memenangkan pertarungan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Karena, jika kolom kosong yang menang, maka mereka harus menunggu satu tahun mendatang untuk ikut kembali maju pada pilwalkot.
Dosen Unanda ini menambahkan, teknis pemilihannya, kalau tidak ada calon lain tapi hanya kolom kosong yang dilawan, masyarakat yang sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) harus tetap pergi untuk memilih.

BACA JUGA:  Peta Kekuatan Basmin Kuat Juga di Walmas

“Jadi, mereka memilih apakah calon tersebut yang dipilih atau kolom kosong yang dicoblos,” katanya.
Jika nanti perhitungan suara sah, siapa yang mendapatkan suara 50 persen plus satu, maka itukah yang memenangkan pesta itu.

Kalau kolom kosong yang menang, maka pemerintahan akan dijabat oleh careteker sampai pemilihan berlangsung.
Ia mencontohkan, jika misalnya memang nanti hanya satu calon yang maju, misalnya Petahana, maka saat masa cuti roda pemerintahan akan dijalankan walil wali kota sampai habis masa cutinya.

Setelah pemilihan, dan yang menang adalah kolom kosong, maka diangkat seorang carateker.
Haedar menjelaskan, jika memang nantinya terjadi itu, KPU Palopo sudah siap-siap menggelarnya. Menurutnya, tidak ada masalah soal itu.

“Kita bekerja sesuai dengan aturan yang ada,” katanya.
Ia juga mengajak kepada masyarakat untuk tetap berpartisipasi pada perhelatan pesta demokrasi lima tahunan ini. (uce)

Click to comment

Most Popular

To Top