Manajer Gaspa Jagokan dr Anton – Palopo Pos
Olahraga

Manajer Gaspa Jagokan dr Anton

* Ridwan Fattah Sebut Lima Figur

PALOPO— Bursa bakal calon Ketua KONI Palopo periode 2017-2012 mulai ramai. Sejumlah nama baru muncul ke permukaan. Seperti dr Anton Yahya (mantan Manajer Gaspa Palopo), dr Hamsakir SpB MKes (Ketua Percasi dan Ketua PVSI), Achyar Amir, dan Khaerul Salim SP (Ketua FPTI).

Sebelumnya, empat nama balon Ketua KONI mulai mengemuka seperti Baharman Supri (mantan Manajer Gaspa Palopo), H Burhanuddin (Pengurus Percasi dan anggota Perbakin), Gibion Lomo (wakil Ketua Askot PSSI Palopo), Syamsul Alam (anggota KPU Palopo), dan Mustahir Sidu alias Tato (mantan Ketua Panahan).

Nama dr Anton dijagokan oleh Manajer Gaspa Utama Palopo, dr Abdul Syukur Kuddus SpB. Saat dikonfirmasi Palopo Pos, Selasa, 12 September 2017 kemarin, menilai dr Anton sangat layak memimpin KONI periode ke depan.

”Kalau dokter Anton, saya sangat support. Dia masuk kriteria. Orangnya dewasa, bisa mengayomi semua pihak, kerjanya profesional, ikhlas membantu. Dan yang tak kalah pentingnya saya gampang berkomunikasi dengannya,” terangnya.

Menurut Syukur, dr Anton peduli dengan olahraga. Itu dirasakannya saat mengelola club sepakbola Gaspa. ”Beliau sangat banyak membantu. Ketika kami menemui kendala, Pak dokter (dr Anton) yang selalu membantu mengkomunikasikan sehingga kendala tersebut dapat diatasi. Itu saya rasakan sendiri, bagaimana kepedulian beliau yang ikhlas membantu olahraga,” kata Syukur.

Lanjut dia, kapasitas dan kemampuan dr Anton untuk memimpin organisasi sebesar KONI tidak perlu diragukan lagi. Ia pernah menangani Gaspa sekira enam tahun, mulai sebelum tahun 2000 hingga 2005. Pernah menjadi pelatih kepala Gaspa dan beberapa kali jadi manajer Gaspa.

Bahkan di tangan dr Anton-lah, sehingga bisa tembus ke Divisi II Liga Sepakbola Nasional Indonesia. Terakhir dr Anton membawa Gaspa ke Papua dan berhasil Promosi ke Divisi II. Setelah itu dilanjutkan teman-teman yang lain
.
”Beliau (dr Anton) sangat cocok pimpin KONI. Dia betul-betul hobi olahraga dan ikhlas bekerja. Dan dimana pecinta sepakbola Palopo, dr Anton bukan orang asing,” terangnya.

Terpisah, Sekretaris Gateball Kota Palopo, Ridwan Fattah yang dikonfirmasi, Selasa kemarin, menyebut sejumlah nama figur yang dinilai layak memimpin KONI. Nama tersebut adalah Achyar Amir, H Burhanuddin, dr Hamsakir, dan Khaerul Salim.

”Kalau pendapat pribadi saya selaku Sekretaris Cabor, nama-nama itu cocok pimpin KONI. Namun yang berhak memilih mereka adalah ketua-ketua cabor,” terangnya.

Lanjut dia, yang memimpin KONI ke depan adalah orang yang peduli olahraga. Maksud dari kepedulian ini adalah mau berkorban secara pribadi untuk perkembangan olahraga. Banyak yang mau jadi Ketua KONI, tapi belum tentu peduli,” kata dia.
Kemudian lanjut dia, Ketua KONI ke depan harus mampu membangkitkan kembali olahraga Palopo yang sedang mati suri.

Seperti yang terjadi sekarang, sejumlah cabor batal ikut Pra Porda karena kurangnya kepedulian dari pemangku kepentingan. Seperti yang terjadi saat ini, pencak silat yang merupakan salah satu lumbung medali Palopo di ajang Porda tidak jadi ikut Pra Porda.

”Terus terang, saya sangat prihatin dengan ini. Alangkah malunya kita Kota Palopo apabila pada pembukaan Porda di Pinrang tahun 2018, cabor dari Palopo yang ikut bisa dihitung jari,” jelas mantan pentolan IPMIL ini. (ikh)

 

Click to comment

Most Popular

To Top